Headlines News :
Home » » Sosialisasikan Program Hati Mesra

Sosialisasikan Program Hati Mesra

Penulis : Wawan Bromo FM
Rabu,14/09/2016

TONGAS – Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Kabupaten Probolinggo, Rabu (14/9/2016) memberikan sosialisasi program Hati Mesra (Hidup Aman Tentram Indah Menuju Masyarakat Sejatera) di Pendopo Kecamatan Tongas. Kegiatan ini diikuti oleh 217 Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) yang menjadi tulang punggung ekonomi keluarga di 11 desa dari 14 desa yang ada di Kecamatan Tongas.

Sasaran program Hati Mesra ini diberikan kepada penerima yang memenuhi kriteria sesuai data PPLS tahun 2011 dan 14 indikator kemiskinan. Masing-masing penerima akan menerima bantuan sebesar Rp 2,5 juta untuk dibelanjakan sesuai potensi dan keinginan sasaran pada saat verifikasi oleh tenaga pendamping Kabupaten Probolinggo.  

Kepala Bidang Keswadayaan Masyarakat Bapemas Kabupaten Probolinggo Taufik Alami mengatakan program Hati Mesra ini serupa dengan program Jalin Matra (Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera) Provinsi Jawa Timur. Untuk teknis mekanisme dan pengelolaan Hati Mesra sama dengan Jalin Matra, bedanya hanya sumber dana yang berasal dari APBD Kabupaten Probolinggo.

“Program Hati Mesra ini merupakan implementasi dari janji Bupati Probolinggo di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya dibidang pengentasan kemiskinan,” katanya.

Menurut Taufik, sosialisasi ini bertujuan memperkenalkan program pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pengentasan kemiskinan beserta teknis mekanisme dan pengelolaannya. “Harapannya masyarakat penerima bantuan bisa memanfaatkan dana bantuan semaksimal mungkin,” harapnya.

Sementara Kepala Bapemas Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan program Hati Mesra ini merupakan tindak lanjut dari MoU (Memorandum of Understanding) antara Bupati Probolinggo dengan Gubernur Jawa Timur tentang dukungan pendampingan dan pengalokasian dana Program Jalin Matra Provinsi Jawa Timur 2015-2018.

“Program ini dijalankan sesuai dengan 3 (tiga) asas meliputi asas tepat sasaran, asas tepat jumlah dan asas tepat manfaat,” katanya.

Sedangkan Camat Tongas Widodo Hadi Siswanto meminta agar sosialisasi ini diikuti dengan baik agar pemanfaatan program bisa tepat sasaran dan betul-betul untuk penerima sasaran. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger