Headlines News :
Home » » Siapkan Kompetisi Pengelolaan Dana BOS Terbaik

Siapkan Kompetisi Pengelolaan Dana BOS Terbaik

Penulis : Wawan Bromo FM
Senin, 05/09/2016
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Bromo menggelar anugerah pendidikan. Kegiatan ini melibatkan lembaga pendidikan dari SD hingga SMA/SMK Negeri/Swasta se-Kabupaten Probolinggo. Mereka mengikuti lomba The Best Bos Competition 2016.

Even yang merupakan kompetisi tata kelola bantuan operasional sekolah (BOS) itu memasuki tahapan sosialisasi di aula SMKN 2 Kraksaan, Senin (5/9/2016). Sosialisasi ini dihadiri 24 Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik), 10 Ketua Rayon SMP dan para Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMA/SMK Negeri/Swasta.

“Lomba ini diikuti oleh sekolah penerima dana BOS mulai SD hingga jenjang SMA/SMK Negeri/Swasta. Mekanismenya setiap Cabang Dispendik mengirimkan empat sekolah dari jenjang berbeda mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK, baik negeri maupun swasta,” kata Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo melalui Kepala Bidang Tenaga Kependidikan Edi Karyawan.

Menurut Edi,  teknis kegiatan tersebut diawali dengan seleksi di tingkat kecamatan pada tanggal 6 dan 7 September. Dalam seleksi itu, masing-masing Cabang Dispendik Kecamatan bersama MKKS menyaring perwakilannya per jenjang. Selanjutnya melakukan pendaftaran pada 8 September 2016 di Dispendik. “Sesuai mekanisme nanti ada sebanyak 94 sekolah pilihan dari empat jenjang yang akan diberikan pembekalan berikutnya,” jelasnya.

Edi menambahkan The Best Bos Competition 2016 ini difokuskan pada dua aspek kinerja pengelolaan dana BOS yang dilakukan di sekolah. Diantaranya, aspek ketepatan pengelolaan dana BOS serta aspek ketepatan administrasi dan dampak BOS.

“Dari dua aspek itu, indikator penilaiannya meliputi perencanaan yang baik dan kesesuaian juknis penggunaan dana BOS. Juga ada indikator penilaian kelengkapan administrasi pembukuan, akuntabilitas laporan dan indikator dampak BOS di sekolah,” tegasnya.

Lebih lanjut Edi menerangkan tujuan kegiatan itu adalah untuk mendorong kinerja pengelolaan dana BOS di sekolah menjadi lebih baik dan mencari model contoh sekolah yang mengelola dana BOS secara transparan dan akuntabel. “Serta memotivasi sekolah lainnya dalam mengelola dana BOS lebih baik,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger