Headlines News :
Home » » Pemkab Gelar Lomba Desa PHBS

Pemkab Gelar Lomba Desa PHBS

Penulis : Wawan Bromo FM
Senin, 05/09/2016
PAITON – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar Lomba Desa PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) tahun 2016. Penilaian lomba ini akan dimulai di Desa Sidodadi dan Binor Kecamatan Paiton, Senin (5/9/2016) dan berakhir di Desa Tongas Kulon Kecamatan Tongas dan Desa Wonogoro Kecamatan Lumbang, Selasa (13/9/2016) mendatang.

Tim penilai Lomba Desa PHBS ini meliputi Forum Kabupaten Sehat, Badan Lingkungan Hidup (BLH), Bagian Kominfo, lintas program Dinkes dan TP PKK Kabupaten Probolinggo. Senin (5/9/2016), penilaian Lomba Desa PHBS ini dilaksanakan di Desa Binor dan Desa Sidodadi Kecamatan Paiton.

Kasi Promosi Kesehatan Dinkes Kabupaten Probolinggo Sri Rusminah mengatakan lomba ini bertujuan untuk memotivasi kecamatan dan desa dalam mewujudkan desa sehat. “Disamping meningkatkan peran kecamatan dan desa dalam pembinaan PHBS dan terpilihnya desa PHBS di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi Kesehatan Dinkes Kabupaten Probolinggo Hari Kaspiantoro mengungkapkan kesehatan adalah hak azazi manusia dan sekaligus investasi untuk keberhasilan pembangunan bangsa. Untuk itu pembangunan kesehatan diarahkan untuk mencapai suatu keadaan dimana setiap orang hidup dalam lingkungan yang sehat, berperilaku hidup bersih dan sehat, mempunyai akses terhadap pelayanan kesehatan serta memiliki derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

“Saat ini derajat kesehatan masyarakat masih jauh dari harapan. Keadaan ini ditunjukkan dengan masih tingginya Angka Kematian Ibu, Angka Kematian Bayi dan rendahnya Umur Harapan Hidup. Faktor -faktor yang mempengaruhi diantaranya faktor sosial, ekonomi, budaya dan perilaku tidak sehat serta memperburuk dengan sikap kurang peduli terhadap kesehatan,” katanya.

Menurut Hari, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dengan para mitranya untuk menanggulangi masalah kesehatan masyarakat, agar masyarakat mau menyadari dan mampu mengenali, mencegah dan mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi, sehingga bebas dari gangguan kesehatan, baik yang disebabkan karena penyakit, bencana, maupun lingkungan dan perilaku yang tidak mendukung untuk hidup bersih dan sehat.

“Oleh karena itu menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat telah menjadi strategi utama untuk mencapai salah satu sasaran utama  seluruh masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

Lebih lanjut Hari menambahkan bahwa pembinaan PHBS dilakukan melalui pendekatan berbagai tatanan meliputi PHBS di rumah tangga, PHBS di sekolah, PHBS di tempat kerja, PHBS di institusi pendidikan dan PHBS di tempat-tempat umum.

“Dengan adanya Lomba Desa PHBS diharapkan dapat memotivasi desa agar membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat secara terus menerus, sehingga Desa Sehat yang kita harapkan akan terwujud,” harapnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger