Headlines News :
Home » » Maksimalkan Produk Udang Olahan

Maksimalkan Produk Udang Olahan

Penulis : Wawan Bromo FM
Senin, 19/09/2016

DRINGU – Selain dijual dalam bentuk udang segar, komoditas udang di Kabupaten Probolinggo juga bisa diolah menjadi aneka makanan. Mulai dari bakso udang, tempura udang, rengginang udang, kerupuk udang dan lain sebagainya.

“Aneka produk olahan udang ini memiliki aneka cita rasa yang mengundang selera masyarakat. Bahkan ada beberapa produk olahan udang yang sudah merambah ke luar pulau,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi.

Menurut Dedy, pembuatan produk udang olahan ini dilakukan untuk semakin menambah nilai tambah produksi udang. “Alhamdulillah prospek pemasaran udang olahan sudah sangat bagus. Selama pemasarannya dilakukan melalui berbagai even. Bahkan ada yang dijual melalui jaringan online,” jelasnya.

Hanya saja jelas Dedy, pengolahan udang olahan di Kabupaten Probolinggo baru sebatas dilakukan dalam skala industry rumah tangga. Meskipun demikian, produk yang dihasilkan mampu bersaing di pasaran. “Salah satu usaha terkadang bisa menghabiskan sedikitnya 2 kwintal beras ketan untuk campuran udangnya,” tegasnya.

Demi memaksimalkan produk olahan udang tersebut terang Dedy, pihaknya gencar memberikan pelatihan pengolahan hasil budidaya perikanan kepada masyarakat. Pelatihan ini diberikan dengan tujuan untuk memberikan wawasan tambahan kepada para pengolah produk perikanan yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Harapannya produk olahan perikanan yang dihasilkan memiliki nilai tambah dan mempunyai daya saing dengan produk-produk dari daerah lain. Mereka juga diajari mengemas produk dengan baik supaya jauh lebih baik dan lebih layak untuk dikonsumsi,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger