Headlines News :
Home » » Kaum Aboge Idul Adha Hari Ini

Kaum Aboge Idul Adha Hari Ini

Penulis : Dimaz Bromo FM
Rabu,14/09/2016
LECES - Tidak seperti muslim pada umumnya, Kaum Aboge di Kabupaten Probolinggo baru merayakan Hari Raya Idul Adha, Rabu (14/9/2016). Penentuan hari raya itu disesuaikan dengan kalender Jawa dalam Kitab Mujarrobat yang digunakan turun-temurun.

Kiai Mariye, tokoh Aboge asal Desa Leces Kecamatan Leces mengatakan, penentuan hari Raya Idul Adha berpatokan pada 1 Syuro atau Muharram. Tahun ini yang merupakan tahun Jim Awal, 1 Syuro jatuh pada Jumat Pon.

Untuk menentukan Hari Raya Idul Adha yang jatuh setiap 10 Dzulhijjah, berlaku istilah Jepatji. Istilah Jawa itu berarti, bulan besar jatuh pada hari keempat dari 1 Syuro dan pasaran kesatu. “Tanggal 1 (Dzulhijjah) hari Senin,” katanya.

Karena 1 Dzulhijjah hari Senin, Hari Raya Idul Adha pada tanggal 10 bertepatan dengan hari Rabu. Dengan rumus seperti ini, perayaan Idul Adha Kaum Aboge, dua hari lebih lambat dibandingkan muslim umumnya.

Zainal Alim, warga Aboge menambahkan, tidak ada perselisihan di antara warga meski ada perbedaan hari raya. “Masyarakat kompak. Tidak ada teguran dan tidak ada perselisihan,” katanya usai menunaikan Shalat Sunat dan Khutbah Idul Adha.

Setelah shalat, warga Aboge makan bersama di mushala. Selanjunya, menyembelih dua hewan kurban berupa kambing di halaman mushala.

Dari pantauan, Kaum Aboge di Kabupaten Probolinggo ini juga ada di Desa Karanganyar, Desa Besuk dan Desa Kramat Agung Kecamatan Bantaran serta Desa Sumbersuko, Kecamatan Dringu. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger