Headlines News :
Home » » Kanpora Segera Gelar Pemilihan Pemuda Pelopor

Kanpora Segera Gelar Pemilihan Pemuda Pelopor

Penulis : Wawan Bromo FM
Jum'at, 09/09/2016

DRINGU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) akan menggelar Pemilihan Pemuda Pelopor (Kreatif dan Inovatif) tahun 2016 pada 29 September mendatang.

Pemilihan pemuda pelopor ini mencakup 5 (lima) bidang meliputi bidang pendidikan, sosial, budaya, pariwisata dan bela Negara, pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan, pangan serta teknologi tepat guna, komunikasi dan informasi.

Kepala Kanpora Kabupaten Probolinggo Syafi’uddin mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit unggul pemuda sebagai pelopor penggerak kegiatan kepemudaan yang akan berkontribusi positif bagi kemajuan Kabupaten Probolinggo.

“Nantinya diharapkan pemuda pelopor ini akan menggerakkan pemuda-pemuda lainnya, agar lebih baik sesuai harapan masyarakat yang kaya akan inovasi dan kreatifitas positif anak mudanya,” katanya.

Menurut Syafi’uddin, kriteria umum untuk pemilihan pemuda pelopor ini meliputi beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki loyalitas terhadap NKRI serta tidak cacat hokum, memiliki idealism, kejujuran, integritas, kepribadian, jiwa kesukarelawanan, bijaksana, berbudi pekerti dan bermartabat.

“Memiliki karya nyata berkualitas yang dilaksanakan secara konsisten dan gigih serta dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, mampu memberikan nilai tambah pada berbagai aspek kehidupan masyarakat serta mendapatkan pengakuan dari pemerintah dan berbagai pihak atas peranan dan kontribusi karyanyatanya di bidang yang dipelopori,” jelasnya.

Adapun kriteria khususnya jelas Syafi’uddin, memiliki visi dan misi kepeloporan, mampu berkomunikasi, berinteraksi dalam organisasi/komunitas dalam mengembangkan kepeloporan, memiliki kemampuan kepemimpinan dan disiplin, memiliki pengalaman berorganisasi yang pantas diteladani dan mampu membina kader, memiliki kemampuan dalam aspek kreativitas, memiliki ketrampilan dalam kepeloporannya, memiliki ketangguhan dalam menghadapi ancaman, hambatan dan tantangan.

“Memberikan dampak positif dan nilai sosial ekonomi secara signifikan di tengah-tengah masyarakat, mampu membangun partisipasi aktif masyarakat di bidang kepeloporannya, mampu memotivasi masyarakat untuk melakukan perubahan paradigma yang positif dan adanya pengakuan masyarakat karena dirasakan langsung kemanfaatannya atas bidang kepeloporannya,” terangnya.

Untuk mengikuti kegiatan ini, persyaratannya meliputi warga Negara Indonesia usia 18 sampai 27 tahun, tidak pernah melakukan perbuatan tercela atau merugikan masyarakat dan atau lingkungan, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari kepolisian setempat, belum pernah memperoleh penghargaan kepeloporan tingkat kabupaten dari Kementeria
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger