Headlines News :
Home » » GTQ 2016 Sarana Tumbuhkan Minat Baca Al Qur’an

GTQ 2016 Sarana Tumbuhkan Minat Baca Al Qur’an

Penulis : Wawan Bromo FM
Rabu,14/09/2016
KRAKSAAN – Berbagai upaya terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo dalam meningkatkan minat, bakat dan kreatifitas anak didik dalam membaca Al Qur’an sejak usia dini. Salah satunya dengan menggelar Gebyar Tahfidz Qur’an (GTQ) 2016.

Kegiatan ini melibatkan anak didik dari jenjang PAUD, TK/RA dan SD/MI se-Kabupaten Probolinggo. Rabu (14/9) lalu dilakukan sosialisasi yang diikuti oleh pengurus Himpaudi, IGTKI, IGRA, penilik PAUD, Korwas TK hingga para Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI), perwakilan Kemenag Kabupaten Probolinggo dan MUI Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo mengatakan, GTQ 2016 tersebut diharapkan menjadi momentum awal dalam melahirkan tradisi belajar, membaca, menghafal dan menafsirkan Al Qur’an sejak dini. Sehingga nantinya mampu menumbuhkan budaya gemar membaca dan cinta Al Qur’an sejak usia dini di Kabupaten Probolinggo.

“Saya berharap semua Kepala Cabang Dinas Dispendik turun langsung untuk mensupport kepada semua peserta. Kepada kepala sekolah tiap satuan pendidikan mohon berkenan memfasilitasi proses belajar hingga digelarnya gebyar ini. Dan, kepada Kemenag mohon dukungannya,” katanya.

Dalam GTQ 2016 sendiri ada 5 (lima) kategori yang dilombakan. Meliputi, kategori PAUD, TK/RA dan SD/MI. Sesuai mekanisme, tiap kecamatan mengirimkan lima peserta untuk lima kategori tersebut. Dimana pendaftaran peserta dilaksanakan mulai tanggal 15-30 September mendatang.

“Selanjutnya, para peserta hasil seleksi tingkat Kecamatan itu akan mengikuti babak penyisihan dan grandfinal pada 3 dan 4 Oktober di Gedung Islamic Centre Kraksaan,” ujar Kepala Bidang TK/SD Dispendik Kabupaten Probolinggo Solikin.

Sementara Sekretaris Komisi Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Islam MUI Kabupaten Probolinggo Ustadz Syafi’i Zain mengatakan dalam even itu juri akan memberikan penilaian berdasarkan tahfidznya, tajwid, fasrohah, lagu dan suara.

“Untuk PAUD ada surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas. Untuk TK/RA ada surat Al Ma’un, Al Kautsar, Al Kafirun, An Nasr dan Al Lahab. Sementara untuk kategori SD/MI ada 7 surat. Yakni Al ‘Adiyat, Al Qari’ah, At Takatsur, Al ‘Asr, Al Humazah, Al Fil dan Al Qurays. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger