Headlines News :
Home » » Alat Pemantau Aktivitas Gunung Bromo Hilang Dicuri

Alat Pemantau Aktivitas Gunung Bromo Hilang Dicuri

Penulis : Dimaz Bromo FM
Senin, 19/09/2016

SUKAPURA - Alat pemantauan aktivitas Gunung Bromo berupa deformasi dicuri orang tak dikenal, Minggu (18/9/2016) sekitar pukul 17.00 hingga pukul 18.00. Selain pencurian, petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pos Gunung Bromo juga terganggu dengan kabel-kabel konektor transmisi radio yang dipotong-potong.

“Cukup aneh, kenapa alat itu dicuri. Padahal alat itu untuk membantu petugas memantau aktivitas Gunung Bromo dan bermanfaat untuk masyarakat,” ujar Kepala Pos PVMBG Gunungapi Bromo Ahmad Subhan, Senin (19/9/2016).

Ahmad Subhan menuturkan barang yang dicuri adalah data logger buat mantau deformasi tubuh Gunung Bromo dan radio broadband.  Alat deformasi yang terletak sekitar 500 meter dari bibir kawah Gunung Bromo itu raib dicuri orang yang tidak bertanggungjawab. Hal itu diketahui setelah petugas pos pantau tidak menerima data dari deformasi.

“Gemboknya rusak digergaji. Dari rekaman seismograph memang terekam ada noise langkah kaki, tapi kami mengira noise dari tukang yang pasang patok laut pasir,” katanya.

Tidak hanya mengambil alat-alat pantau deformasi, pencuri juga memotong kabel konektor untuk transmisi radio sehingga koneksinya terputus-putus. “Kabelnya tidak dicuri. Tapi terpotong-potong. Sepertinya ada yang sengaja memotongnya dan kami tidak tahu motifnya apa kok sampai memotong kabel,” tuturnya.

Meski Ahmad Subhan tidak menyampaikan secara rinci, diperkirakan harga alat deformasi itu mencapai ratusan juta rupiah. Karena alat itu didatangkan dari luar negara dan tidak bisa langsung beli. “Bukan masalah harga, tapi evaluasi kami menjadi terhambat. Kami akan melaporkan kejadian ini kepada pihak kepolisian,” terangnya.

Pihaknya berharap, masyarakat atau pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab agar tidak melakukan pencurian alat-alat pantau aktivitas Gunung Bromo. Sebab hal itu tentunya akan merugikan masyarakat sendiri. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger