Headlines News :
Home » » 24 Poktan Terima Bantuan Alat Pemipil Jagung

24 Poktan Terima Bantuan Alat Pemipil Jagung

Penulis : Wawan Bromo FM
Rabu, 28/09/2016
DRINGU – Sedikitnya 24 kelompok tani (poktan) di Kabupaten Probolinggo menerima bantuan alat pasca panen berupa alat pemipil jagung (cornsheller). Bantuan dari Kementerian Pertanian RI tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari, Selasa (27/9/2016).

Kepala Dispertan Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari mengatakan bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani.

“Semoga bantuan alat pemipil jagung ini dapat bermanfaat bagi petani serta mampu mendorong peningkatan produktivitas pertanian jagung di Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Sementara Kepala Bidang Usaha Tani Dispertan Kabupaten Probolinggo Imam Kamaru mengatakan bantuan alat pasca panen ini diberikan dengan tujuan mengantisipasi kelangkaan tenaga kerja, efisiensi dan hemat waktu.

“Pemberian bantuan ini dilakukan agar bisa memperbaiki kualitas produksi jagung. Disamping juga menurunkan dan mengurangi kehilangan hasil. Pasalnya dengan alat ini, hasil pipilan jagung lebih banyak dan bagus,” katanya.

Menurut Imam Kamaru, harga alat pemipil jagung ini mencapai Rp 20,5 juta per unit. Jika dengan klobot, alat ini mampu menghasilkan 1400-2000 kg/jam jagung pipilan. Tetapi tanpa klobot bisa mencapai 1400-2500 kg/jam jagung pipilan.

“Dengan diberikannya bantuan ini diharapkan nantinya petani dapat meningkatkan mutu dan produktivitas pertanian jagung. Sehingga mampu menambah pendapatan petani dan meningkatkan kesejahteraannya,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger