Headlines News :
Home » » Wabup Serahkan Bantuan Rice Transplanter

Wabup Serahkan Bantuan Rice Transplanter

Penulis : Wawan Bromo FM
Selasa, 30/08/2016
KRAKSAAN – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Selasa kemarin (30/8/2016) menyerahkan bantuan rice transplanter (alat tanam padi) bagi 20 kelompok tani (poktan) dan polis asuransi usaha tani padi bagi 73 poktan se-Kabupaten Probolinggo.

Penyerahan yang dipusatkan di Desa Asembagus Kecamatan Kraksaan ini dihadiri oleh Danrem 083/BDJ Malang Kolonel Inf. Wachid Apriliyanto, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Hendhy Yustian Danang Suta dan jajaran Kodim 0820 Probolinggo.

Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari mengatakan bantuan rice transplanter ini diberikan dengan tujuan mengantisipasi kelangkaan tenaga kerja dan mempercepat proses penanaman atau tanam serempak.

“Sedangkan untuk polis asuransi usaha tani bertujuan dalam rangka membantu petani menanggulangi kerugian petani akibat banjir, bencana alam dan gangguan OPT. Asuransi ini dimulai tahun 2015 dan petani hanya membayar Rp 36 ribu per hektar. Sisanya sebesar Rp 144 ribu disubsidi oleh pemerintah,” katanya.

Menurut Hasyim, mulai April hingga September 2016 pihaknya bersama Kodim 0820 Probolinggo ditarget areal tanam seluas 19.933 hektar. Hingga 30 Agustus 2016, sudah tercapai 18.765 hektar. “Artinya masih tersisa 1.168 hektar yang harus dicapai pada bulan September,” jelasnya.

Sementara Wabup Timbul mengatakan penerapan teknologi tanam berkaitan erat dengan alat mesin pertanian yang berkembang ke arah modern. Oleh karena itu pembaharuan terhadap teknologi pertanian sangat perlu diterapkan guna mendukung produktivitas pangan yang signifikan serta agar lebih efektif dan efisien.

“Dalam upaya untuk meningkatkan produksi pertanian, pemerintah menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian dengan harapan memiliki manfaat untuk mempercepat proses tanam, guna terciptanya efisiensi waktu tanam, efektivitas tenaga kerja dalam upaya untuk peningkatan produksi hasil pertanian,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, perubahan iklim merupakan hal yang tidak dapat dihindari dampaknya terhadap sektor pertanian sehingga diperlukan upaya aktif untuk mengantisipasi melalui strategi antisipasi, adaptasi dan mitigasi.

“Perlu adanya asuransi bagi petani untuk melindungi petani agar tidak mengalami kerugian terutama dari serangan hama dan penyakit serta bencana alam. Kalau bermanfaat, tentunya Pemerintah Daerah akan terus memberikan support agar mampu membantu petani meningkatkan produktivitas pertanian,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Timbul didampingi Danrem 083/BDJ Malang, Dandim 0820 Probolinggo dan Kepala Dispertan Kabupaten Probolinggo melakukan penanaman padi secara simbolis di areal persawahan di Desa Asembagus Kecamatan Kraksaan.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger