Headlines News :
Home » , » Semarak Pawai Pendidikan ATP 2016/2017

Semarak Pawai Pendidikan ATP 2016/2017

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 25/08/2016

KRAKSAAN - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan RI sekaligus memasuki awal tahun pelajaran baru, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo menggelar pawai pendidikan Awal Tahun Pelajaran (ATP) 2016/2017, Kamis (25/8/2016).

Pawai pendidikan yang sudah memasuki edisi ketiga ini diikuti oleh 29 peserta dari 24 Cabang Dispendik se-Kabupaten Probolinggo. Mereka mengambil rute sejauh 3 km dengan start di sisi utara Alun-alun Kota Kraksaan dan finish di depan Kantor PMI Kraksaan.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dengan penabuhan gong didampingi anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Komandan Resimen AAL Kolonel Laut (S) Ivan Yulivan dan Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo.

Pembukaan pawai pendidikan ini diawali dengan penampilan Tari Glipang massal oleh 150 siswa SD se-Kabupaten Probolinggo. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan Tari Gandrung persembahan Duta Kesenian Dispendik Kabupaten Banyuwangi. Tidak ketinggalan pula Marching Band Genderang Seruling Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya dengan melibatkan 250 personil.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo mengungkapkan pawai pendidikan ini dimaksudkan memberikan dukungan dan doa yang tulus kepada para guru dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugas fungsionalnya di awal tahun pelajaran dengan harapan semuanya amanah dan semakin profesional dalam mengajar dan mendidik generasi bangsa.

“Tujuannya adalah memberikan senyuman paling manis bagi tumbuh dan berkembangnya Kota Kraksaan sebagai ibukota Kabupaten Probolinggo. Semoga Kota Kraksaan menjadi kota yang ramah anak, ramah lingkungan, ramah dengan kegembiraan, Kraksaan kota santri dan Kraksaan city of carnival,” katanya.

Sementara Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE mengatakan bahwa pawai pendidikan ini dilakukan dalam rangka untuk menggali budaya yang menjadi potensi lokal. Sebab semua pihak wajib memperkenalkan budaya bangsa ini agar menjadi sumbangsih yang positif bagi Kabupaten Probolinggo.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada 24 Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo serta semua pihak yang telah membantu kelancaran pawai pendidikan ini. Harapannya, kegiatan ini bisa bermanfaat bagi semua agar mampu mencetak generasi muda yang jauh lebih baik dan berkualitas dari sebelumnya,” katanya.

Usai dibuka, selanjutnya Bupati Tantri dan suaminya H Hasan Aminuddin didampingi segenap undangan menuju ke panggung kehormatan. Kemudian pawai pendidikan dibuka dengan peserta dari jajaran Dispendik Kabupaten Probolinggo yang dipimpin langsung oleh Tutug Edi Utomo. Diikuti oleh kontingen Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Cabang Kabupaten Probolinggo.

Selanjutnya berturut-turut mengikuti dibelakangnya adalah perwakilan dari 24 Cabang Dispendik Kabupaten Probolinggo. Masing-masing Cabang Dispendik menampilkan kesenian dan kreasi budaya yang berbeda dengan menampilkan potensi daerahnya masing-masing. Bahkan ada yang menampilkan busana dengan memanfaatkan bahan daur ulang dan kain batik.

Pawai pendidikan ini menyita perhatian masyarakat Kota Kraksaan dan sekitarnya. Masyarakat memenuhi seluruh sudut Alun-alun Kota Kraksaan dan sepanjang rute pawai pendidikan. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger