Headlines News :
Home » , » Segera Bangun Cool Storage Bawang Merah

Segera Bangun Cool Storage Bawang Merah

Penulis : Dimaz Bromo FM
Sabtu, 06/08/2016

DRINGU - Kabupaten Probolinggo dikenal sebagai salah satu daerah penghasil utama bawang merah di Jawa Timur. Karena itulah, tahun ini Pemkab Probolinggo berencana membangun tempat penyimpanan (cool storage) bawang merah. Tujuannya, untuk mengamankan bawang merah saat panen raya.

Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari mengatakan rencana pembangunan cool storage ini bukannya tanpa alasan. Bangunan ini berfungsi untuk menyimpan bawang merah tetap dalam keadaan segar.

“Sehingga pada saat kekurangan bawang merah di pasaran, bawang merah ini bisa dijual secara perlahan untuk menstabilkan harga di pasaran,”katanya.

Hasyim menjelaskan gedung ini nantinya direncanakan berukuran panjang dan lebar 8x10 meter dengan daya tamping 60 ton. Rencananya, fasilitas ini akan dibangun di lokasi milik salah satu kelompok tani bawang merah di Kecamatan Dringu dengan anggaran sebesar Rp 1,1 miliar.

Ia menambahkan nantinya ada MoU (Memorandum of Understanding) dengan Pemkab Probolinggo untuk menjalankan gudang penyimpanan tersebut. Pola operasionalnya hampir sama dengan yang dijalankan dengan resi gudang.

Namun, Hasyim mengaku kapasitas tamping 60 ton itu masih kurang. Sebab, saat musim panen raya tiba, jumlah bawang merah yang ada di pasaran jauh melebihi angka tersebut. “Masalahnya, anggaran yang ada terbatas,”terang Hasyim.

Penggunaan dan pemanfaaatan gedung tersebut nantinya akan diatur dalam MoU antara Pemkab Probolinggo dengan kelompok tani. Termasuk jika gedung tersebut akan dimanfaatkan oleh selain kelompok tani tersebut.

Rencananya, pembangunan gedung penyimpanan tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat. Hasyim menyebut kini pihaknya sedang dalam tahap lelang karena anggarannya lebih dari Rp 200 juta. “Sekarang dalam tahap lelang. Insya Allah, dalam waktu dekat akan pembangunan gedung akan segera dilaksanakan,” tambahnya. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger