Headlines News :
Home » » Program KUR Bantu Akses Permodalan

Program KUR Bantu Akses Permodalan

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 18/08/2016

KRAKSAAN – Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan kebijakan pemerintah bekerja sama dengan perbankan sebagai sarana melancarkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Program KUR ini mulai diluncurkan tahun 2015 lalu dengan tingkat suku bunga 9% per tahun. Dana KUR ini bisa dicairkan melalui bank-bank yang sudah ditunjuk mulai dari BRI, BNI46 dan Bank Mandiri,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo Santiyono.

Ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan modal dari program KUR ini. Di antaranya, usaha harus berjalan minimal 6 bulan dengan bunga flat 0,41% per bulan atau fixed 9% per bulan. “Plafon pinjaman untuk KUR Mikro sampai dengan Rp 25 juta dan KUR Ritel antara Rp 25 juta hingga Rp 500 juta,” ungkapnya.

Menurut Santiyono, saat Pemkab Probolinggo sudah melakukan pembentukan tim monitoring KUR ditambah dengan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). “Tugasnya melakukan evaluasi, monitoring dan memfasilitasi bagaimana pelaku UMKM bisa akses kredit program dari pemerintah,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Pemkab Probolinggo bersama Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bank pelaku serta instansi terkait melakukan pertemuan tentang pembentukan tim tersebut.

”Kami juga menjalin kerja sama dengan Kantor Perbendaharaan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia Perwakilan di Kabupaten Bondowoso terkait aplikasi data sistem informasi kredit pemerintah,” terangnya.

Selain itu kebijakan provinsi terkait percepatan dalam realisasi KUR telah menunjuk pendamping KUR yang dikelola dengan APBD Provinsi Jawa Timur. “Untuk lebih intens, Provinsi Jawa Timur menugaskan 1 (satu) orang di Kabupaten Probolinggo sebagai fasilitator pendamping KUR,” tegasnya.

Santiyono menambahkan, program KUR ini bertujuan untuk mempermudah akses keuangan serta meningkatkan volume usaha UMKM. “Berkaitan dengan permodalan sudah cukup, sekarang tinggal bagaimana bisa akses permodalan tersebut dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger