Headlines News :
Home » , , » Petani Tembakau Mulai Resah

Petani Tembakau Mulai Resah

Penulis : Dimaz Bromo FM
Sabtu, 27/08/2016

KREJENGAN - Wacana kenaikan harga rokok menjadi Rp 50.000 per bungkus, meresahkan petani tembakau di Kabupaten Probolinggo. Pasalnya, harga jual tembakau saat ini terbilang murah. Selain menolak, mereka meminta harga jual tembakau naik, sehingga nantinya sebanding dengan harga rokok.

Panen raya tembakau tahun ini tidak membuat petani disejumlah wilayah Kabupaten Probolinggo sumringah, pasalnya harga jual tembakau sangat murah.

Seperti yang dirasakan sejumlah petani di Desa Sokaan Kecamatan Krejengan. Sejak panen pertama hingga memasuki panen kedua, harga tembakau mereka paling mahal hanya dihargai Rp 25.000 per kilogram. “Bahkan ada yang hanya dihargai Rp 15 ribu. Ya rugi besar, kalau harganya segini,” ungkap salah satu petani Martaji

Kisaran harga itu diakui petani tidak cukup menutupi biaya tanam yang mencapai Rp 10 juta per hektar lahan. Padahal kualitas daun tembakau lebih bagus dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Keresahan petani bertambah dengan wacana kenaikan harga rokok dikisaran Rp 50 ribu. Tidak hanya menolak, petani juga geram karena harga rokok tidak sebanding dengan harga jual tembakau.

Idealnya, harga tembakau minimal Rp 50 ribu per kilogram. Jika harga jual tembakau setara dengan harga beli rokok, maka petani tidak keberatan harga rokok melonjak menjadi Rp 50 ribu per bungkus.

“Kalau harganya sama dengan harga tembakau rajangan ya tidak apa-apa harga rokoknya juga naik. Tapi yang santer diberitakan, yang naik bukan harga tembakaunya tapi pajak atau cukainya,” kata Santoso, pemilik lahan tanaman tembakau.

Petani menuding, wacana kenaikan harga rokok hanya ulah spekulan dan pabrik rokok yang ingin mengeruk keuntungan berlipat.

Kabupaten Probolinggo selama ini dikenal sebagai salah satu sentra penghasil tembakau terbesar di tanah air dengan hasil produksi sekitar 12.900 ton per tahun dari 10.774 hektar lahan. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger