Headlines News :
Home » , , » Pemkab Peringati Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71

Pemkab Peringati Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71

Penulis : Wawan Bromo FM
Rabu, 17/08/2016

KRAKSAAN - Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Probolinggo ditandai dengan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih di Alun-alun Kota Kraksaan, Rabu (17/8/2016) pagi. Tema Peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI tahun 2016 ini adalah “Ayo Kerja Nyata”.

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Probolinggo Hj P. Tantriana Sari SE. Sementara komandan upacara dipercayakan kepada Danramil 0820/19 Gending Kapten Arh. I Made Lugianta. Sedangkan perwira upacara adalah Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpol dan Linmas) Kabupaten Probolinggo Agus Mukson.

Upacara ini diikuti karyawan dan karyawati Pemkab Probolinggo, TNI/Polri, Satpam, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), mahasiswa, pelajar SLTA serta Pramuka.

Hadir dalam upacara ini jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pimpinan dan anggota DPRD, Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA. Timbul Prihanjoko dan Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj Nunung Timbul Prihanjoko, Sekretaris Daerah H Moch. Nawi, Ketua DWP Kabupaten Probolinggo Hj. Yuni Nawi dan Kepala Perangkat Daerah Pemkab Probolinggo.

Tepat pukul 10.00 WIB, bunyi sirine terdengar memecah kesunyian sebagai tanda peringatan peristiwa bersejarah 71 tahun lalu. Selanjutnya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo H Musayyib Nahrawi membacakan Teks Proklamasi.

Sebagai acara puncak, dilakukan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dengan formasi 17, 8 dan 45 sesuai dengan tanggal, bulan dan tahun diproklamasikannya kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk tahun ini, dalam Paskibra terdapat tiga personel Polri dari Polres Probolinggo dan dua personil TNI dari Kodim 0820 Probolinggo.

Komandan Kompi dipercayakan kepada Kanit Laka Lantas Polres Probolinggo Ipda Siswandi. Bertugas sebagai pembawa baki bendera adalah Hanifah Inas Nastiti dari SMA Taruna Leces.

Sementara pengibar bendera dipercayakan kepada Fikri Haykal dari MAN 1 Paiton (pembentang bendera), Linggar Ardiya dari SMA Tunas Luhur Paiton (penarik bendera) dan Lucky Akbar Khoi’ry dari SMA Tunas Luhur Paiton (penerima bendera). Para petugas Paskibra ini merupakan hasil seleksi dari siswa SMA/SMK/MA se-Kabupaten Probolinggo.

Usai melaksanakan upacara di Alun-alun Kota Kraksaan, Wabup Timbul dan segenap anggota Forkopimda serta sejumlah Kepala SKPD melanjutkan rangkaian kegiatan hari itu di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Kraksaan untuk melakukan ziarah nasional dan tabur bunga. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger