Headlines News :
Home » , » Pemkab Latih KHA

Pemkab Latih KHA

Penulis : Wawan Bromo FM
Sabtu, 27/08/2016

DRINGU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB), Jum’at (26/8/2016) memberikan pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA). Pelatihan ini diikuti oleh 40 orang peserta dari Kepala Puskesmas dan Ketua Bidang Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak.

Sekretaris BPPKB Kabupaten Probolinggo Hasin mengatakan pelatihan KHA ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan pemahaman dalam melakukan KHA serta implementasi kebijakan pengembangan Kabupaten Layak Anak, khususnya Puskesmas Ramah Anak (PRA).

“Selain itu, mempercepat upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak melalui penyelenggaraan Puskesmas Ramah Anak,” katanya.

Sementara Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Probolinggo Asy’ari mengungkapkan KHA merupakan salah satu instrument internasional yang menjiwai berbagai kebijakan dan program pemenuhan hak-hak anak dan perlindungan anak.

“Setelah 20 tahun ratifikasi yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia, sosialisasi mengenai KHA tetap menjadi prioritas dan tanggung jawab pemerintah dalam rangka menumbuhkembangkan kesadaran akan pentingnya hak-hak anak bagi semua pihak,” katanya.

Menurut Asy’ari, pelatihan KHA ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas dan sensitifitasnya (kepekaan) tentang hak-hak anak dalam pemenuhan hak kesehatan, sebagaimana indikator kabupaten/kota layak anak pada penguatan kelembagaan nomor urut 3 jumlah SDM yang terlatih KHA. “Tenaga kesehatan harus memahami hak anak, prinsip pemenuhan hak anak serta kebutuhan khusus anak secara mendalam,” tegasnya. (y0n/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger