Headlines News :
Home » » Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Adat Berbasis MTU

Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Adat Berbasis MTU

Penulis : Wawan Bromo FM
Rabu, 10/08/2016


SUKAPURA – Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Balai Besar Latihan Masyarakat Jogjakarta dibawah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberikan pelatihan pemberdayaan masyarakat di desa adat berbasis MTU (Mobil Training Unit), Selasa hingga Sabtu (9-13/8/2016).

Sasaran pelatihan ini adalah 4 (empat) desa adat di Kabupaten Probolinggo. Meliputi, Desa Wonokerso dan Sumberanom Kecamatan Sumber serta Desa Ngadisari dan Wonotoro Kecamatan Sukapura. Masing-masing desa diikuti oleh 30 orang peserta didampingi Bapemas dan Kasi Pemerintahan Kecamatan.

“Fokus utama pelatihan adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat di desa adat. Kabupaten Probolinggo memilih desa adat dari Suku Tengger. Jenis pelatihan disesuaikan dengan potensi desa sesuai kearifan lokal,” kata Kepala Bidang Keswadayaan Masyarakat Bapemas Kabupaten Probolinggo Taufik Alami.

Menurut Taufik, pelatihan ini bertujuan untuk menjadi alternatif usaha lain selain pertanian (khusus pengolahan hasil pertanian) supaya tidak hanya tergantung kepada pertanian yang mengandalkan alam. Sehingga saat ada bencana alam atau erupsi Bromo, maka petani dapat memperoleh penghasilan lain.

“Untuk pelatihan pupuk organik, bertujuan memanfaatkan limbah organik sebagai pupuk dan menjadikan area tanam bebas kimia sehingga otomatis produksi bisa bersaing di pasar. Dimana sasaran akhir tetap pada pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan ekonomi berbasis potensi lokal,” jelasnya.

Sementara Kepala Bapemas Heri Sulistyanto mengatakan bahwa Pemkab Probolinggo mendukung kegiatan ini karena sesuai dengan visi dan misi Bupati Probolinggo di bidang ekonomi melalui program Hati Mesra.

“Jadi program ini membantu meringankan Pemerintah Daerah dalam implementasi program Hati Mesra. Namun diharapkan tidak berlalu disini saja, tetapi ada tindak lanjut semacam sarana stimulan alat yang memang sudah dianggarkan di Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,” katanya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger