Headlines News :
Home » , , » Lahan Bawah Tegakan Ditanami Kopi Arabika

Lahan Bawah Tegakan Ditanami Kopi Arabika

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 28/08/2016

KRAKSAAN – Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Kabupaten Probolinggo terus berupaya membuat terobosan agar bisa meningkatkan produksi kopi dengan memanfaatkan lahan di bawah tegakan. Upaya ini dilakukan dengan memanfaatkan lahan milik Perhutani dengan mengajak peran serta dari anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Kepala Disbunhut Kabupaten Probolinggo Raharjo melalui Kepala Bidang Kehutanan Heriyanto mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki anggota LMDH yang telah menanam kopi Arabika tahun 2015 dan pengembangan tahun 2016.

“Areal lahan milik Perhutani yang bisa dimanfaatkan untuk tanaman kopi Arabika mencapai 1.034,2 hektar. Tetapi realisasinya tahun 2015 lalu baru 97,45 hektar. Untuk tahun 2016 ini akan dilakukan pengembangan dengan didanai oleh APBD,” katanya.

Menurut Heriyanto, karena tingkat modal petani rendah maka Pemerintah Daerah akan memberikan bantuan berupa pupuk, bibit, biaya lubang tanam dan penanaman. Dimana tahun ini tanaman kopi Arabika akan ditanam di lahan seluas 100 hektar di Kecamatan Sumber memanfaatkan lahan bawah tegakan. Meliputi, 35 hektar di Desa Tukul, 35 hektar di Desa Cepoko dan 30 hektar di Desa Pandansari.

“Untuk bibit kopi kami dapatkan dari Dinas Perkebunan Jawa Timur. Kita sinergikan di lahan milik Perhutani. Sebab di Kecamatan Sumber ini tanaman semusim. Padahal tanaman naungannya harus ditanam dulu. Karena kopi Arabika 50% harus dibawah naungan,” jelasnya.

Heriyanto menambahkan bahwa juga ada bantuan 400 ribu bibit kopi Arabika dari APBD Jatim. Nantinya juga akan dikembangkan di lahan bawah tegakan. Dengan asumsi 1000 bibit per hektar, maka akan tertanami 400 hektar.

“Dari kerja sama ini baik LMDH dan Perhutani sama-sama diuntungkan. Dimana 70% hasil produksi untuk LMDH dan 30% untuk Perhutani. Petani juga bisa bekerja dengan menjadi tukang deres getah pinus untuk diserahkan kepada Perhutani tiap 10 hari dan akan mendapatkan ongkos,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger