Headlines News :
Home » , , » KPMP Fasilitasi Kerja Sama Antar UMKM

KPMP Fasilitasi Kerja Sama Antar UMKM

Penulis : Wawan Bromo FM
Kamis, 04/08/2016

SUMBERASIH – Dalam rangka menghadapi perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Kantor Penanaman Modal dan Perijinan (KPMP) Kabupaten Probolinggo, Rabu (3/8/2016) memberikan pembinaan peningkatan fasilitasi terwujudnya kerja sama strategis antar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan yang digelar di RM Rahayu Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih ini diikuti oleh 45 orang peserta dari unsur UKM dan IKM se-Kabupaten Probolinggo. Hadir sebagai narasumber Badan Penanaman Modal Provinsi Jawa Timur, Bank Jatim Cabang Kraksaan, PT Bogasari, CSR PT PJB Paiton, KPMP serta Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo.

Kasi Penanaman Modal Daerah pada KPMP Kabupaten Probolinggo Madkim mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengertian sekaligus membantu para pelaku UKM dan IKM agar lebih semangat dan termotivasi meningkatkan produksinya sehingga mampu menghadapi pangsa pasar.

“Sekaligus untuk memberikan pemecahan terhadap masalah permodalan yang sering dihadapi oleh para pelaku UKM dan IKM. Upaya ini merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan nilai investasi di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Madkim, kegiatan ini merupakan salah satu upaya agar para pelaku UKM dan IKM mampu menghasilkan produk yang berkualitas dan bisa bersaing dengan produk lain seiring dengan diberlakukannya perdagangan bebas MEA.

“Semoga melalui kegiatan ini, para pelaku UKM dan IKM mampu meningkatkan usahanya sehingga bisa meningkatkan nilai investasi di Kabupaten Probolinggo. Dimana tujuan akhirnya adalah demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Sementara Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Probolinggo Asy’ari mengatakan UKM merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara ataupun daerah, tidak terkecuali di Kabupaten Probolinggo. Oleh karena selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan.

“Dalam krisis ekonomi yang terjadi dinegara kita sejak beberapa waktu yang lalu, dimana banyak usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan berhenti aktifitasnya, sektor UKM terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis tersebut,” katanya.

Menurut Asy’ari, dalam memfasilitasi UKM Pemkab Probolinggo mengajak setiap kegiatan penanaman modal dapat bekerjasama dengan UMKM sesuai ketenuan yang berlaku.

“Dalam penanaman modal, UMKM dan koperasi dapat diberikan fasilitas berupa pinjaman lunak, bantuan modal, kemudahan perijinan serta kegiatan penanaman modal yang bermitra dengan UKM wajib melakukan pembinaan dan pengembangan dengan prinsip saling memerlukan,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger