Headlines News :
Home » » KK Bertandatangan Camat Tidak Berlaku

KK Bertandatangan Camat Tidak Berlaku

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 21/08/2016

KRAKSAAN – Seluruh dokumen kependudukan termasuk Kartu Keluarga (KK) yang menggunakan scaner/penandatanganan berupa stempel di kecamatan dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi. Hal itu merujuk pada Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI tanggal 2 Desember 2015 Nomor 471.14/13795/Dukcapil/2015 perihal penandatanganan Kartu Keluarga (KK).

Intinya, semua dokumen kependudukan termasuk KK harus diterbitkan dan ditandatangani oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Probolinggo Erlin Setiawati melalui Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Indah Setyowati.

Dikatakan KK yang selama ini sudah ditandatangani camat tidak berlaku lagi. Oleh karena itu KK tersebut harus segera diperbarui dengan tandatangan dari instansi Dispenduk Capil.

“Terkait  dengan surat Mendagri tersebut, maka kami melakukan pembaharuan KK yang ditandatangani camat, sambil mengadakan pengecekan terhadap penduduk yang sudah meninggal dunia, tetapi tidak dilaporkan,” katanya.

Menurut Indah, jika ada anggota keluarga yang sudah meninggal dunia, lahir, pindah dan datang, maka data KK harus segera diubah sebagai upaya pembaharuan dokumen kependudukan.

“Jika ada yang meninggal dunia atau pindah, maka harus ada anggota keluarga yang dikeluarkan dari KK. Sebaliknya jika ada lahir baru ataupun datang, maka harus ada penambahan anggota keluarga. Khusus bagi yang baru lahir, pelaporan ini sangat penting untuk mendapatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Di mana tiap satu orang satu NIK,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger