Headlines News :
Home » » Jadilah Pengurus dan Anggota Koperasi Yang Amanah

Jadilah Pengurus dan Anggota Koperasi Yang Amanah

Penulis : Wawan Bromo FM
Senin, 01/08/2016

KRAKSAAN - Koperasi itu soko guru ekonomi. Oleh karena itu jadilah pengurus dan anggota yang amanah. Sebab ditangan pengurus dan anggota koperasi inilah, rakyat Kabupaten Probolinggo lebih sejahtera dibandingkan sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE ketika menghadiri halal bihalal dalam rangka Hari Koperasi ke-69 bersama 1.000 orang insan gerakan koperasi di Gedung Islamic Center (GIC) Kota Kraksaan, Senin (1/8/2016).

“Ini penting, agar betul-betul yang dicita-citakan pendiri koperasi bisa terwujud. Melalui koperasi, perputaran usaha menjadi pendongkrak kesejahteraan dan perekonomian di Kabupaten Probolinggo. Marilah bersama-sama bagaimana bisa merawat koperasi agar menjadi pengelola yang lebih handal dan profesional,” katanya.

Menurut Bupati Tantri, dengan perputaran uang, maka ekonomi terdongkrak. Mulai sekarang manakala usaha koperasi belum stabil, maka pengurus harus mampu membaca peluang apa yang dibutuhkan pengurus dan anggota. Hal ini penting sebagai tambahan usaha koperasi.

“Permasalahan yang ada selama ini adalah petani dan pedagang pasar. Dimana petani dan pedagang mayoritas dililit dan dirantai oleh bank titil alias rentenir. Saya ingin dan pelan-pelan memahamkan dan memberi solusi untuk menghadirkan koperasi pada Gapoktan dan pasar,” jelasnya.

Terkait dengan program School Entrepreneur Challenge 2016 Bupati Tantri menegaskan bahwa ini program baru bagaimana memberdayakan dan membuka wawasan kepada siswa agar bisa membaca peluang di daerahnya sendiri. Bagaimana menjadi calon insan koperasi yang harapannya mampu memecut semangat agar mau berwirausaha.

“Banyak pemuda yang bingung mencari kerja, padahal lapangan kerja terbatas. Dalam program ini saya mengajak bagaimana nanti ke depan kita yang menciptakan pekerjaan. Kata akhirnnya koperasi berkembang dan harapannya mensejahterakan anggotanya,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo Santiyono mengatakan bahwa saat ini lembaga koperasi di Kabupaten Probolinggo mencapai 130 koperasi dengan 125 ribu anggota. Insan koperasi akan mendukung suksesnya pembangunan di Kabupaten Probolinggo. “Kami juga telah memberikan entrepreneur kepada siswa sekolah dengan harapan setelah lulus mempunyai bekal untuk mandiri,” katanya.

Kegiatan yang diakhiri dengan ceramah agama oleh Hj. Ucik Nurul Hidayati dari Pasuruan ini dihadiri oleh Ketua Dekopinwil Jawa Timur Mubin, Ketua Dekopinda Kabupaten Probolinggo Joko Rohani Sanjaya dan segenap pelaku gerakan koperasi se-Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan hadiah kepada pemenang School Entrepreneur Challenge 2016, koperasi penerima sertifikat Nomor Induk Pegawai (NIP) dan koperasi penerima sertifikat pemeringkatan koperasi tahun 2016. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger