Headlines News :
Home » , » Jadi Sahabat Siswa

Jadi Sahabat Siswa

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 28/08/2016

KURIPAN – Medan berat dan jalan berlubang tidak menyurutkan langkah Maulidiyah Anis Anjayani, guru honorer SMPN 3 Satu Atap Kuripan untuk mengabdikan diri. Selama lima tahun (2011-2016) wanita kelahiran Bondowoso, 10 Desember 1987 ini bertugas di SMP yang berada di Desa Wonoasri, Kecamatan Kuripan yang berbatasan dengan Kabupaten Lumajang.

Meski, melalui jalan makadam yang terjal, wanita yang hobi memasak ini tetap semangat menyampaikan ilmu pada siswanya. Status honorer tidak menjadikannya sebagai hambatan untuk mengajar.

Baginya, mengajar merupakan tanggung jawab sosial yang harus dilakukan penuh semangat dan tanpa pamrih. “Bagi saya semua akan tiba pada saatnya,” ujarnya.

Meskipun hanya mendapatkan honor minim dari dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda), namun bukan itu tujuan wanita yang dikaruiani satu anak ini. Tujuan mulianya ingin mengangkat derajat siswa-siswi Desa Wonoasri. Dari yang tidak bisa baca menjadi bisa. Dari yang hanya tamatan SD menjadi SMP bahkan kalau bisa nanti lulus S-1.

“Dan yang paling penting memberi pemahaman tentang perkawinan usia dini. Sebab, disini banyak yang sudah menikah di usia dini,” terangnya.

Menurut istri M Muslih ini, perkawinan usia dini memang marak di desa tersebut. Bahkan ada siswa yang pernah menikah siri. Tetapi karena pernikahannya kandas (diceraikan), ia kemudian bersekolah lagi.

“Mendidik di sini, berbeda dengan di perkotaan. Kami membiasakan pembelajaran interaktif. Menjadikan siswa layaknya seperti sahabat. Selalu sharing dan diskusi,” terangnya.

Ibu dari Khairina Aulia P ini menerangkan, dengan menjadikan siswa sahabat, mereka makin senang belajar. Bahkan, mereka selalu datang lebih awal dari gurunya.

“Maklum, bila hujan lebat kami terkadang harus rela menunggu dan jalan agak pelan kerena takut terpeleset karena di kanan-kiri jalan yang dilalui ada tebing yang curam. Jika kami datang mereka langsung menyerbu tangan kami. Satu-per satu menyalami. Ini yang membuat kami betah di sini, siswa di sini sangat santun,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger