Headlines News :
Home » , » Guru Jangan Hanya Fokus Mengajar

Guru Jangan Hanya Fokus Mengajar

Penulis : Wawan Bromo FM
Selasa, 02/08/2016

TONGAS - Tugas dari seorang guru jangan hanya fokus mengajar dan bagaimana anak itu pintar. Tetapi bagaimana membentuk anak agar memiliki akhlak yang baik dan terhindar dari hal-hal negatif. Ternyata tidak cukup dengan nilai akademis saja tanpa diimbangi dengan pendidikan agama dan akhlakul karimah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE ketika menghadiri halal bihalal keluarga besar Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Kecamatan Tongas, Selasa (2/8/2016) di KPRI Sapta Tongas.

“Saya memberikan apresiasi kepada guru yang telah mampu menjadi guru yang profesional ditandai dengan keberhasilan mengantarkan generasi penerus yang utuh dan berkualitas dibandingkan orang tuanya,” katanya.

Menurut Bupati Tantri, orang tua dan siswa tidak akan bertanya apa status guru itu PNS, GTT maupun PTT, tetapi yang ditanya sejauh mana profesionalisme guru selaku pemegang amanah karena dititipi anak oleh orang tua. “Pegang amanah dengan baik sehingga guru mampu menjadi orang tua yang mengantarkan generasi muda menjadi generasi emas dan lebih solid,” jelasnya.

Lebih lanjut Bupati Tantri menegaskan tantangan hari ini jauh lebih komplek dibandingkan sebelumnya. Pergeseran zaman dan ujian selaku ortu, bagaimana membangun pondasi agama agar anak tidak terhanyut oleh hal-hal negatif seperti minuman keras dan obat-obatan terlarang.

“Awasilah pergaulan anak dengan baik, tiap hari harus komunikatif dan mencari tahu sebagai pendakatan terhadap anak. Jika ada gejala tidak baik komunikasi agar tidak terlambat,” terangnya.

Bupati Tantri menambahkan ditangan guru, masa depan siswa ditentukan. Oleh karenanya pegang amanah yang telah diberikan karena sudah menggariskan hidupnya menjadi guru. “Terkait manajemen pendidikan, saya mencoba menciptakan bagaimana lingkup dan suasana kerja guru nyaman. Harapannya ke depan guru bisa mengajar dalam suasana yang nyaman,” pungkasnya.

Sementara Kepala Cabang Dispendik Kecamatan Tongas Rina Damayanti mengatakan guru di Kecamatan Tongas mencapai 659 orang terdiri dari 300 orang PNS dan 359 orang GTT dan PTT. Mereka tersebar mulai dari PAUD hingga SMA. “Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahim diantara sesama guru dan tenaga kependidikan di Kecamatan Tongas,” katanya.

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Ketua PCNU Kabupaten Probolinggo KH Abdul Hadi, Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo, Ketua PGRI Kabupaten Probolinggo Purnomo, sejumlah Kepala SKPD, Forkopimka Tongas serta keluarga besar Cabang Dispendik Kecamatan Tongas. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger