Headlines News :
Home » , » Bukan Hanya Mengajar

Bukan Hanya Mengajar

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 14/08/2016



PAKUNIRAN – Sebenarnya menjadi guru adalah mendidik, bukan hanya mengajar. Guru harus bisa mengikuti apa yang lagi update di kalangan siswa.

Semarah apapun guru tetapi kalau tetap senyum ketika menangani masalah, siswa akan lebih menghargai dan tidak takut. Dengan kata lain, wibawa guru yang harus tampak di hadapan siswa.

Hal tersebut disampaikan guru SMPN 1 Pakuniran, Sriningsih. “Guru harus bisa menghargai waktu, sabar menghadapi peserta didik dan ikhlas. Kunci sukses seorang guru adalah sabar dan ikhlas,” kata istri M. Lubis Cadiawan ini.

Perempuan kelahiran Probolinggo, 5 Mei 1980 ini mengaku, banyak suka dan duka yang dialami selama menjadi guru. Sukanya tentu merasa awet muda.

Tetapi dukanya, ketika terbentur aturan pemenuhan jam mengajar 24 jam linier untuk Dapodik. Padahal di sekolahnya hanya ada 6 rombel dengan 2 guru Bahasa Inggris, sehingga akhirnya harus mencari tambahan jam ke sekolah lain di SMPI Raudlatul Ulum, Gunggungan Kidul.

“Ada pengalaman berkesan yang tidak dapat saya lupakan. Di mana ketika para alumni tetap rutin menjalin silaturrahim ke rumah itu sangat membahagiakan. Berarti saya guru mereka bukan hanya di SMP dulu,” jelas perempuan asal Desa Gondosuli, Kecamatan Pakuniran ini.

Anak kedua dari dua bersaudara pasangan Alm H Fadli dan Hj Tiha Subagio ini menerangkan, awalnya menjadi guru karena motivasi dari ayahnya, yang saat itu sedang sakit stroke. Sedangkan dirinya hanya dua bersaudara, sementara kakaknya bekerja di Jakarta.

“Berarti yang harus merawat orangtua adalah saya. Oleh karenanya saya dikuliahkan lagi mengambil jurusan pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Malang selama 3 semester supaya bisa menjadi guru dan kembali ke desa,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger