Headlines News :
Home » , » Bisa Jadi Siapa Saja

Bisa Jadi Siapa Saja

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 21/08/2016
KURIPAN – Bidan bisa menjadi siapa saja. Bisa menjadi dukun dan orangtua. Karena masih banyak ibu hamil dan pasangannya belum siap menjadi ibu dan ayah. Terkadang, bidan juga harus siap dan menjadi penasihat pribadi 24 jam saat pasien membutuhkan.

Hal tersebut diungkapkan Novita Eka Cahyani, bidan Puskesmas Kuripan. Menurutnya, terkadang bidan bisa menjadi dukun atau ibu nyai. “Pernah saya dimintai tolong memandikan ibu hamil 7 bulan. Saya pun bingung harus mendoakan apa. Akhirnya saya bacakan doa selamat. Alhamdulillah bayi dan ibunya sehat,” katanya.

Perempuan kelahiran Probolinggo, 15 Nopember 1988 ini menegaskan, bidan juga bisa menjadi sopir. Sebab tidak jarang pasien tidak didampingi suami atau keluarga sehingga bidan harus siap dan mampu mengantar ibu ke fasilitas kesehatan.

“Buat saya bidan adalah pekerjaan yang mulia. Insya Allah akan menjadi bekal diakhirat nanti,” tegasnya.

Anak pertama dari dua bersaudara pasangan Budi Subowo dan Suryani ini mengaku, kunci sukses menjadi bidan adalah niat untuk ibadah dan kesehatan masyarakat adalah amanah dari pekerjaan seorang bidan.

“Harapan saya ke depan semua bidan bisa meningkatkan ilmu dan teknologi. Serta bidan bisa memperoleh pengetahuan yang terkini tentunya untuk masyarakat. Jika SDM bidan meningkat secara otomatis derajat kesehatan masyarakat utamanya ibu hamil dan anak balita akan lebih baik nantinya. Bebaskan kami mencari pengetahuan, jangan kekang kami untuk meningkatkan kualitas pelayanan,” terangnya.

Menurut istri Winasro'i Falkhan Jamili ini, bidan yang bertugas sebagai pelayan masyarakat juga manusia biasa dan punya kekurangan. Bidan juga seorang istri dan ibu dari anak-anaknya. Berjuta kali waktu tercurah untuk masyarakat dan mungkin mengabaikan keluarga.

“Harapan serta permohonan saya, janganlah menghakimi kami atau bahkan melaporkan kami tanpa mencari apa yang menjadi alasannya. Mungkin kami khilaf atau ada kepentingan mendesak sehingga kami tidak bisa melayani masyarakat. Beri kami perhatian atas pengorbanan kami walau sedikit, kami tidak ingin pujian kami hanya butuh pengertian,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger