Headlines News :
Home » , » Berikan Edukasi Kesehatan

Berikan Edukasi Kesehatan

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 07/08/2016

SUKAPURA – Seorang bidan mempunyai tugas turut serta menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) serta memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat. Sebab bidan berperan sebagai ujung tombak kehidupan kesehatan di tengah-tengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan bidan induk Puskesmas Sukapura Khoirun Nisa’. Oleh karena itu, anak ketiga dari tiga bersaudara pasangan Muh. Taufiq Rahman (Alm) dan Shufriatus Sholihah ini berpesan kepada masyarakat agar jangan menyepelekan kesehatan dan pemberian pelayanan.

“Harapannya masyarakat tidak lagi dimanjakan dengan sistem jemput bola, melainkan masyarakat sudah memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya mendapatkan pelayanan kesehatan,” kata bidan yang masih single ini.

Perempuan kelahiran Sidoarjo, 9 Juni 1988 ini menjelaskan, motivasinya menjadi bidan karena bidan merupakan prionir yang memiliki peranan penting di masyarakat sebagai ujung tombak dari awal kehidupan sejak lahir, remaja, hingga usila.

“Kunci sukses bidan itu selalu sabar, ikhlas, rendah hati dan senantiasa taat kepada orangtua, serta berdoa. Kabupaten Probolinggo telah banyak memberikan pelajaran serta pengalaman yang paling berharga dalam kehidupan,” jelasnya.

Bidan yang hobi membaca puisi dan cerpen ini mengaku, memiliki banyak suka dan duka selama menjalani profesinya. Sukanya ia lebih memiliki rasa empati tinggi dalam membantu sesama yang membutuhkan. Dukanya, harus siap siaga 24 jam saat dibutuhkan.

“Pengalaman yang berkesan saya rasakan waktu diminta warga untuk membantu persalinan di daerah yang tidak bisa dijangkau kendaraan karena situasi jalannya pasca hujan sehingga harus jalan kaki kurang lebih dua dua jam perjalanan. Sampai di sana si ibu sudah pembukaan lengkap dan saya tinggal menolong persalinannya saja. Capeknya bukan karena menunggui ibu tetapi lelah karena perjalanannya,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger