Headlines News :
Home » , , » Apel dan Renungan Suci di TMP Kraksaan

Apel dan Renungan Suci di TMP Kraksaan

Penulis : Wawan Bromo FM
Rabu, 17/08/2016

KRAKSAAN - Sudah menjadi agenda rutin tiap tengah malam menjelang peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan apel kehormatan dan renungan suci. Kegiatan itu sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan khususnya pejuang kemerdekaan.

Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2016, apel kehormatan dan renungan suci tersebut kembali digelar, Rabu (17/8/2016) dinihari tepat pukul 00.00 WIB di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Kraksaan.

Bertindak sebagai inspektur upacara dalam apel kehormatan dan renungan suci ini adalah Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin. Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA. Timbul Prihanjoko, Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Suratno, Kepala Kejaksaan Negeri Kraksaan Edy Sumarno dan Kasdim 0820 Probolinggo Mayor Inf. Winarso.

Hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H Moch. Nawi, para staf ahli, asisten, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), BUMN/BUMD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Saat puncak acara, ketika inspektur upacara membacakan teks apel kehormatan, lampu di sekitar TMP Kraksaan di Desa Kebonagung Kecamatan Kraksaan dimatikan. Seketika suasana menjadi gelap, senyap dan khidmat.

Apel kehormatan ditujukan kepada arwah para pahlawan khususnya 43 anggota TNI dan satu anggota Polri yang dimakamkan di TMP Kraksaan. Usai mengheningkan cipta, dilakukan penyalaan obor oleh petugas yang membuat suasana di sekitar TMP cukup temaram.

Apel kehormatan dan renungan suci ditutup dengan salam penghormatan perpisahan dengan iringan korsik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dari beberapa sudut TMP Kraksaan.

Wabup Timbul mengatakan bahwa renungan suci ini merupakan bentuk penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. “Sebagai generasi penerus kita wajib menghormati pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan bagi bangsa Indonesia,” katanya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger