Headlines News :
Home » , » 25 Pokdakan Diberi Pembinaan Administrasi

25 Pokdakan Diberi Pembinaan Administrasi

Penulis : Wawan Bromo FM
Jumat, 05/08/2016

DRINGU - Sebanyak 100 pembudidaya dari 25 kelompok budidaya ikan (pokdakan) di Kabupaten Probolinggo mendapatkan pembinaan administrasi dari Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Probolinggo.

Kepala Diskanla Kabupaten Probolinggo, Dedy Isfandi melalui Kasi Penyuluhan dan Ketrampilan, Syafi’i mengungkapkan, pembinaan ini bertujuan untuk menertibkan administrasi kelompok budidaya. Sebab selama ini, administrasi kelompok budidaya ini masih kurang tertib. Bahkan ada kelompok yang belum mempunyai buku administrasi.

“Setidaknya dari pembinaan ini para anggota kelompok budidaya tahu dan mampu mengawasi keuangan, rugi laba dan arus kas. Sehingga anggota bisa mengetahui perkembangan kelompoknya,” katanya.

Menurut Syafi’i, buku administrasi sangat penting dimiliki oleh kelompok karena akan dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kelas kelompok berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor: 14 Tahun 2012 tentang Pedoman Umum Penumbuhan dan Pengembangan Pelaku Utama Perikanan.

“Kelas kelompok itu terbagi tiga yakni, kelas pemula, madya dan utama. Penentuan  kelas kelompok ini didasarkan pada buku administrasi. Perkembangan kelompok bisa dilihat dari buku administrasi kelompok,” ujarnya.

Dalam pembinaan administrasi kelompok ini, para peserta mendapatkan tujuh bantuan buku. Yakni, buku tamu, daftar hadir rapat, kas umum, notulen rapat, inventaris, buku profil kelompok budidaya dan analisa usaha.

“Melalui pembinaan ini diharapkan nantinya kelompok budidaya mampu mengelola keuangan dengan baik. Selain itu bisa tertib administrasi kelompok,” harapnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger