Headlines News :
Home » » 100 Pelaku Usaha Pasar Bantaran Dibekali Kemetrologian

100 Pelaku Usaha Pasar Bantaran Dibekali Kemetrologian

Penulis : Wawan Bromo FM
Senin, 15/08/2016



WONOMERTO – Sedikitnya 100 orang pelaku usaha Pasar Bantaran, Senin (15/8/2016) dibekali kemetrologian oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo di KPRI Guyub Rukun Kecamatan Wonomerto.

Mereka menerima materi tentang kebijakan pasar dan pengenalan metrologi legal dari Dinas Pendapatan (Dispenda), Disperindag dan Penera Ahli Kabupaten Probolinggo.

Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko melalui Kasi Kemetrologian Totok Slamet Rijanto mengatakan metrologi adalah ilmu pengetahuan tentang ukur mengukur secara luas. Dan tanpa disadari metrologi telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dan sudah berjalan secara alami serta sangat vital.

“Komoditas bahan pokok dan kebutuhan rumah tangga diperjualbelikan berdasarkan berat atau ukuran. Di sektor industri dan perdagangan, penggunaan alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) merupakan salah satu komponen penunjang yang sangat penting,” katanya.

Menurut Totok, agar metrologi bermanfaat untuk menghubungkan segala kegiatan manusia diperlukan suatu mekanisme pengukuran yang menjamin kebenaran hasil pengukuran.

“Untuk menjamin kebenaran pengukuran suatu alat ukur, kalibrasi atau tera ulang merupakan mekanisme guna menjamin suatu alat ukur memiliki ketelitian dan kebenaran hasil pengukuran yang tidak diragukan,” jelasnya.

Totok menambahkan bahwa pembinaan ini bertujuan agar masyarakat tidak dirugikan. Soalnya masih ada sebagian pelaku usaha yang tidak jujur dan bertanggung jawab dalam berjualan menggunakan alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya.

“Harapannya dengan pembinaan kemetrologian ini para pelaku usaha bisa berlaku jujur dan bertanggung jawab memperlakukan alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya dengan benar sesuai ketentuan,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger