Headlines News :
Home » , » Yadnya Kasada Hadirkan Menteri Siti Nurbaya

Yadnya Kasada Hadirkan Menteri Siti Nurbaya

Penulis : Wawan Bromo FM
Jumat, 15/07/2016

SUKAPURA – Masyarakat Tengger yang berada di seputar Gunung Bromo saat ini sedang sibuk mempersiapkan perayaan Yadnya Kasada tahun 2016. Kesibukan ini juga dilakukan oleh masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo.

Resepsi Yadnya Kasada tahun 2016 akan dilaksanakan di Pendopo Agung Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Rabu (20/7/2016) malam mulai pukul 19.00 WIB.

Rencananya resepsi ini akan dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya, pejabat dari Provinsi Jawa Timur, Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari SE dan anggota Komisi VIII DPR RI Drs H Hasan Aminuddin MSi serta jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan yang biasanya dimeriahkan dengan penampilan Sendra Tari Roro Anteng dan Joko Seger juga akan dihadiri para tokoh masyarakat dan Dukun Wilayah Tengger Kecamatan Sukapura serta para kepala SKPD dan camat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Kemudian Kamis (21/7/2016) dini hari mulai pukul 02.00 WIB, dilanjutkan dengan pemberangkatan persiapan upacara ritual Yadnya Kasada di Pura Luhur Poten. Masyarakat Tengger mulai mempersiapkan pemberangkatan dari pintu gerbang masing-masing.

Untuk Kabupaten Probolinggo Dusun Cemorolawang dipilih sebagai titik pemberangkatan.Rangkaian ini akan diikuti oleh Dukun Pandita dan Pemangku Umat Hindu Tengger.

Ritual Yadnya Kasada terdiri dari pembacaan sejarah Kasada, Pujastuti Dukun Pandita, Mekakat/penutup dan melayani umat yang akan Nadar di Pura Luhur Poten serta pelaksanaan Korban Suci/Nglabuh di Kawah Bromo.

Sedangkan pada malam harinya, tepatnya pukul 19.00 Wib dilaksanakan Pujan Kasada atau pemujaan kepada Sang Hyang Widhi Wasa sebagai tanda terima kasih atas terselenggaranya Yadnya Kasada tahun ini.

Yadnya Kasada tahun 2016 ini dimeriahkan dengan beragam kegiatan dimulai dengan jalan santai pakai sarung dengan start Rest Area Cemorolawang dan finish di Lava View, Sabtu (16/7/2016) pagi pukul 06.00 WIB. Kegiatan ini dilanjutkan dengan Fashion Show Sarung di Lava View pukul 09.00 WIB.

Khusus untuk jalan santai pakai sarung dan fashion show sarung, panitia menggelar photo on the spot. Di hari yang sama, Sabtu mulai pukul 07.00 WIB juga digelar Off Road dengan start di Rest Area Cemorolawang dan finish Lava View.

Sementara Minggu (17/7/2016) mulai pukul 13.00 WIB digelar Bromo Trail di Lapangan Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura. Kegiatan ini diikuti oleh para komunitas motor.

Selanjutnya Selasa (19/7/2016), akan digelar Pawai Obor yang diikuti masyarakat Tengger Komunitas Kuda Bromo dan Jeep Bromo. Kegiatan ini mengambil start di Balai Desa Wonokerto menuju Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura mulai pukul 18.00 WIB. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger