Headlines News :
Home » » UPZ Dongkrak Perolehan Dana ZIS

UPZ Dongkrak Perolehan Dana ZIS

Penulis : Wawan Bromo FM
Jum'at, 01/07/2016 


KRAKSAAN – Selama bulan suci Ramadhan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo mencatat ada trend peningkatan perolehan dana Zakat, Infaq dan Sodakoh (ZIS). Hal ini karena masyarakat memanfaatkan momentum bulan puasa untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, terutama dalam hal mengeluarkan ZIS.

Hal tersebut diakui Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Ahmad Muzammil. “Memang setiap bulan Ramadhan, perolehan zakat, infaq dan sodakoh ada kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan biasanya,” katanya.

Menurut Muzammil, peningkatan perolehan dana ZIS ini didukung dengan adanya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang disahkan dengan Surat Keputusan (SK) Baznas Kabupaten Probolinggo.

“Setelah mendapatkan SK pengesahan UPZ, mereka mempunyai kewajiban melaporkan ke Baznas mulai dari tahap pengumpulan hingga pendistribusiannya. Dan ini masuk dalam perolehan Baznas Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Muzammil menegaskan, saat ini sudah ada 30 UPZ yang sudah mendapatkan SK. Tetapi realita di lapangan jumlah UPZ mencapai ratusan.

“SK ini berfungsi sebagai payung hukum kepada para amil yang melakukan pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat fitrah atau zakat mal,” tegasnya.

Muzammil menambahkan, zakat mal sifatnya wajib bagi perorangan yang penghasilannya setara emas 85 gram atau lebih. Di mana harga emas di pasaran saat ini sekitar Rp 400 ribu per gram.

“Jadi kalau setara 85 gram, maka yang penghasilannya Rp 34 juta setahun wajib berzakat. Atau kalau dibagi 12 bulan, yang berpenghasilan 2,8 juta per bulan atau lebih sudah wajib. Jumlah zakat yang dikeluarkan cukup 2,5 persen dalam setahun,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger