Headlines News :
Home » » Tingkatkan Kapasitas dan Kompetensi Kades

Tingkatkan Kapasitas dan Kompetensi Kades

Penulis : Wawan Bromo FM
jum'at, 29/07/2016

JAKARTA – Sebanyak 325 orang kepala desa (kades) di Kabupaten Probolinggo mengikuti bimbingan teknis (bimtek) dalam rangka peningkatan, kompetensi kepala desa dan efektivitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dalam implementasi Undang-undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Rabu dan Kamis (27-28/7/2016).

Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Sentral Jakarta Pusat ini menghadirkan narasumber dari Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa) serta anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si dan Ketua Umum Parade Nusantara Sudir Santoso.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE mengharapkan agar para kades bisa mengambil ilmu sebanyak-banyaknya. “Timbalah ilmu agar supaya menjadi pemimpin yang sukses. Niati dan bersemangat mencari ilmu dan pengetahuan. Jadikan kementerian sebagai inspirasi dalam mengeluarkan kebijakan,” katanya.

Lebih lanjut Bupati Tantri mengapresiasi desa yang telah membantu pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Hal ini merupakan wujud sinkronisasi antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa di Kabupaten Probolinggo.

“Anggarkan untuk RTLH sebagai bukti kalau pembangunan Pemerintah Daerah dan Desa seiring. Harapan ke depan, tingkatkan volume RTLH, bangun sampai 3 hingga 4 unit. Sebab dana desa wajibnya untuk infrastruktur yang ada di desa,” jelasnya.

Sementara anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Supoyo mengungkapkan bahwa kegiatan ini seiring dengan lahirnya UU Nomor 6 tentang Desa dan adanya dana desa. Seorang kades sebagai pengguna anggaran, hendaknya membekalinya secara administrasi dan untuk mendukung UU pelaksanaan dana desa.

“Kegiatan ini memberikan ruang wawasan sebagai tambahan pengalaman sebagai kepala desa dan pemimpin desa serta ajang silaturahim. Apalagi narasumbernya sangat kompeten, jangan disia-siakan kesempatan yang baik ini,” katanya.

Sedangkan Kepala Desa Sogaan Kusmo menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan tentang implementasi UU Tentang Desa dalam rangka meningkatkan pelayanan dan berhati-hati dalam penggunaan anggaran desa.

Selama bimtek, para kades mendapatkan materi tentang implementasi UU Nomor 6 Tahun 2014 terkait pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, public speaking, strategi pembentukan dan pengembangan BUMDesa (Badan Usaha Milik Desa), efektivitas penggunaan dana desa, administrasi pemerintahan desa dan pengembangan desa berbasis online. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger