Headlines News :
Home » » Tiga Kolam Gelora Merdeka Tidak Terawat

Tiga Kolam Gelora Merdeka Tidak Terawat

Penulis : Dimaz Bromo FM
Minggu, 17/07/2016

KRAKSAAN - Tiga Kolam yang terletak di depan pintu masuk sebelah utara stadion Gelora Merdeka Kraksaan tidak terawat. Banyak sampah dan rumput liar di kolam tersebut. Warga yang datang pun mengeluhkan kondisi ini.

Pantauan di lapangan, di sebelah utara pintu masuk stadion Gelora Merdeka terdapat tiga kolam. Yakni kolam pemancingan di bagian barat dan timur. Serta kolam pancuran di bagian tengahnya. Namun, ketiganya tampak tidak terurus.

Kolam pancuran yang terletak di bagian tengah sudah tidak berfungsi. Tidak ada air yang mengalir dalam kolam ini. Sebaliknya, bekas kolam pancuran ini dipenuhi rumput liar. Kolam pemancingan yang terletak di barat dan timur pancuran, kondisinya tidak lebih baik. Banyak sampah di dasar kedua kolam ini.

Kabid Pertamanan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Probolinggo Zaenal Anshori mengatakan awalnya kolam pancuran tidak lagi difungsikan karena rusak. Selain itu, banyak warga yang sering buang hajat di kolam ini pada malam hari. “Karenanya, saya tidak memfungsikannya dahulu untuk sementara waktu,” jelasnya.

Namun, ia mengaku pihaknya berencana akan segera memfungsikan kolam ini lagi. Perbaikannya tetap seperti sedia kala dengan tiga pancuran di tengah untuk mengaliri kolam. Terkait anggarannya, Zaenal enggan menyebutkannya sebab perbaikan menggunakan dana rutin.

Terpisah Direktur PD Rengganis Kabupaten Probolinggo Gandhi Hartoyo menjelaskan awalnya pihak Rengganis berencana menarik retribusi pada kolam pemancingan. Namun, hal ini tidak jadi dilakukan sebab air di kolam tidak pernah penuh karena sering bocor. Kolam ini pun kini hanya difungsikan sebagai kolam bermain.

Karena itulah, pada tahun 2017 mendatang, ia berencana mengganti dua kolam pemancingan menjadi gedung untuk fasilitas olahraga basket dan tenis. Di samping fasilitas ini, pihaknya akan membangun toko souvenir.

“Hal ini dilakukan karena jika menganggarkan untuk biaya perawatan terlalu besar. Fasilitas baru nantinya akan disewakan dan diharapkan dapat menyumbang PAD bagi Rengganis,” pungkasnya. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger