Headlines News :
Home » » Tanamkan Budaya Anti KKN Sejak Dini

Tanamkan Budaya Anti KKN Sejak Dini

Penulis : Wawan Bromo FM
Rabu, 27/07/2016 


KRAKSAAN – Dalam rangka menanamkan budaya anti Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) sejak dini sekaligus memeriahkan Hari Bhakti Adhyaksa ke-56, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kraksaan menggelar lomba cerdas cermat tentang hukum antar SMA/SMK, Rabu (27/7/2016).

Kegiatan yang digelar di aula SMAN 1 Kraksaan ini merupakan salah satu upaya dari Kejari Kraksaan dalam memberikan sosialisasi Jaring Pengaman Anti KKN. Lomba cerdas cermat tentang hukum ini diikuti oleh 15 lembaga SMA/SMK se-Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo mengatakan bahwa lomba ini merupakan bagian dari program Widya Pakerti Nugraha yang digelar bulan Mei 2016 lalu. Dimana dalam kegiatan tersebut juga dilakukan sosialisasi sadar hukum bagi siswa/siswi di 15 SMA/SMK oleh Kejari Kraksaan.

“Disitulah kemudian muncul Duta Siswa Sadar Hukum. Lomba ini merupakan tindak lanjut sekaligus evaluasi hasil pengukuran atas sosialisasi sadar hukum yang sudah diberikan sebelumnya,” katanya.

Sementara Kasi Olahraga dan Kesenian Dispendik Kabupaten Probolinggo A’at Kardono mengungkapkan bahwa lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum kepada siswa sehingga akhirnya diharapkan siswa taat dan sadar akan hukum dalam kesehariannya.

“Artinya dalam kesehariannya taat hukum maka pada akhirnya akan mampu menanamkan nilai kepribadian dan kedisiplinan yang tinggi dengan hukum tersebut. Hal tersebut merupakan bentuk aplikasi atas pemahaman hukum yang diperolehnya,” ungkapnya.

Menurut A’at, orientasi dalam lomba cerdas cermat tentang hukum ini adalah KKN dan KUHAP (Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana). Dimana lomba ini dibagi dalam tiga babak. Dimana babak pertama berisi tanya jawab antar peserta, babak kedua hak jawab dan babak ketiga adu cepat.

“Lomba ini dibagi dalam 5 sesi dan masing-masing diikuti 3 lembaga SMA/SMK. Pemenang masing-masing sesi akan tampil dalam grandfinal yang rencananya akan dihadiri oleh Ibu Bupati Probolinggo dan Kepala Kejaksaan Negeri Kraksaan,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger