Headlines News :
Home » , » Rigid Beton Solusi Jalan Tanjakan Tajam

Rigid Beton Solusi Jalan Tanjakan Tajam

Penulis : Wawan Bromo FM
Rabu, 13/07/2016

KRAKSAAN – Sebagian kondisi jalan di Kabupaten Probolinggo berada di tanjakan tajam, daerah pegunungan dan tanah yang labil. Oleh karena itu, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Probolinggo memprioritaskan jalan tersebut untuk dibangun dengan menggunakan konstruksi rigid beton.

“Rigid beton merupakan solusi untuk peningkatan struktur jalan di daerah tanjakan tajam, pegunungan maupun tanah yang labil. Sebab jika dipaksakan menggunakan lapen maupun hotmix maka akan cepat rusak. Terlebih jika tanahnya labil,” kata Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo.

Sebelum dilakukan rigid beton, jalan tersebut diuruk, diratakan dan dikeraskan terlebih dulu. Setelah itu baru dicor tanpa tulang. Baru kemudian di-rigid beton dengan diberi besi baja dengan ketinggian 20 cm. “Jalan rigid beton baru bisa dilewati setelah 28 hari. Kalau kurang dari 28 hari, maka kualitasnya kurang bagus,” jelasnya.

Menurut Rachmad, peningkatan struktur jalan dengan rigid beton biayanya lebih mahal daripada hotmix. Misalnya dengan anggaran Rp 1 miliar, dengan rigid beton bisa terbangun jalan sepanjang 800 meter. Padahal dengan hotmix bisa terbangun jalan sepanjang 2 Km. “Kalau lapen malah lebih panjang lagi,” terangnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger