Headlines News :
Home » , » Petani Usulkan Adanya Perda Plasi

Petani Usulkan Adanya Perda Plasi

Penulis : Dimaz Bromo FM
Minggu, 31/07/2016

DRINGU - Petani bawang merah Kabupaten Probolinggo mengusulkan adanya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait plasi. Hal itu dilakukan agar aturan plasi di Kabupaten Probolinggo bersifat mengikat. Sebab, upaya yang sudah dilakukan Pemkab Probolinggo masih dinilai kurang berhasil lantaran saat ini plasi masih tinggi hingga 15 persen.

Ketua Asosiasi Petani Bawang Merah Kabupaten Probolinggo Tarsan mengungkapkan, hingga saat ini plasi yang ada di Kabupaten Probolinggo masih terbilang tinggi. Yakni antaran 10 hingga 15 persen dari penjualan bawang merah. Tentu kondisi ini yang sangat dirugikan adalah pihak petani. “Jelas petani yang banyak rugi, pedagangnya tidak. Di lapangan, sampai sekarang masih saja terjadi,” ungkapnya.

Padahal sebelumnya, Tarsan mengaku sudah melaksanakan tanda tangan kesepakatan dengan berbagai pihak. Penandatanganan tersebut berisi seputar plasi di Pasar Bawang Merah hanya 10 persen. “Tapi di lapangan berbeda, jadi apa yang sudah diupayakan Pemkab Probolinggo, dari penandatanganan bersama dan pemasangan baner sia-sia. Masih saja tetap plasinya tinggi,” katanya.

Adanya Perda sendiri lanjut Tarsan tentu akan menjadi cantolan hukum untuk mengatasi plasi yang sudah kronis di kalangan pedagang bawang merah. “Kalau ada Perdanya enak, jadi aturan hukumnya sudah tegas, tidak seperti sekarang ini,” tambahnya.

Ia berharap, dalam waktu dekat instansi terkait bisa mengambil sikap tentang usulan dari bawah ini. “Paling tidak plasi 5 persen bisa diterapkan disini, karena kalau misalkan terlalu tinggi, petani bawang merah yang rugi,” pungkasnya. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger