Headlines News :
Home » » Mudik Lebaran Boleh Pakai Mobdin

Mudik Lebaran Boleh Pakai Mobdin

Penulis : Dimaz Bromo FM
Sabtu, 02/07/2016



KRAKSAAN - Menjelang lebaran, ada kabar baik bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau unsur pemerintahan yang mendapatkan jatah mobil dinas (mobdin). Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE memperbolehkan mereka menggunakan mobdin untuk mudik.

Meski mobdin boleh untuk mudik tetapi dengan syarat dan ketentuan berlaku. Ketentuan tersebut, berupa batasan penggunaan wilayah yakni, hanya seputar Kabupaten dan Kota Probolinggo. Alasannya mematuhi anjuran pemerintah pusat namun juga mendukung terciptanya silaturahim.

Menurut Bupati Tantri, terkait penggunaan mobdin untuk mudik mengacu pada peraturan dan perundang-undangan. Untuk tahun ini belum ada ketentuan atau instruksi tentang larangan penggunaan mobil dinas untuk mudik lebaran.

Sebagai perbandingan, tahun lalu hanya dianjurkan agar tidak menggunakan mobdin sebagai sarana mudik. Maka, pada lebaran kali ini Pemkab Probolinggo masih mengikuti perkembangan terkait ketentuan dilarang atau diperbolehkan.

“Sebetulnya saya pribadi sebagai bupati, menilai budaya mudik  atau silaturahim ini cakupannya luas. Mudik itu seperti apa, apakah mudik itu hanya antar kecamatan juga disebut mudik atau kah di luar kota, ataukah di luar provinsi. Nah ini kan masih rancu,” ujarnya.

Bupati menilai, jika menggunakan mobdin untuk silaturahim masih dalam lingkup Kabupaten Probolinggo plus Kota Probolinggo, tidak masalah. “Saya akan memperbolehkan itu (dalam Kabupaten dan Kota Probolinggo) menggunakan mobil dinas. Alasannya adalah silaturahim, berlebaran, bermaaf-maafan adalah anjuran dan kewajiban dalam ajaran agama Islam,” ujarnya.

Berdasarkan catatan, pada 2015 lalu, ada anjuran tidak menggunakan mobdin dari Kementerian Pemberdayaan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Saat itu larangan penggunaan mobdin akan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Salah satu alasannya, mencegah mobdin dibawa berkendara dalam jarak jauh sehingga bisa memperpendek umur mesin dan suku cadangnya. Belum lagi risiko kecelakaan dan insiden yang menimbulkan kerusakan lainnya. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger