Headlines News :
Home » » Gedung Metrologi Dibangun Agustus

Gedung Metrologi Dibangun Agustus

Penulis : Wawan Bromo FM
Rabu, 06/07/2016


KRAKSAAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo memastikan pembangunan gedung metrologi di Desa Alassumur Kulon Kecamatan Kraksaan akan segera dilakukan. Rencananya pembangunan gedung akan dilaksanakan pada Agustus mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko mengatakan jika petunjuk teknis (juknis) mengenai pembangunan gedung tersebut sudah turun dari Pemprov Jatim Mei lalu. Pihaknya juga sudah melakukan perencanaan sesuai dengan juknis yang ada.

Pembangunan gedung yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemprov Jawa Timur senilai Rp 2,5 milyar itu kini sedang dalam proses tahap lelang untuk menentukan siapa pelaksana proyek tersebut. Sebab sesuai juknis, proyek diatas angka Rp 200 juta harus melalui proses lelang.

“Sekarang kami sedang dalam tahap lelang. Begitu selesai akan langsung dikerjakan. Kami perkirakan pada bulan Agustus mendatang pembangunan sudah dimulai,” katanya.

Sidik mengaku sebenarnya anggaran tersebut awalnya akan digunakan untuk merehab sejumlah pasar tradisional. Namun karena kebutuhan memiliki gedung metrologi lebih mendesak, maka Pemkab mengalihkan anggaran tersebut untuk pembangunan gedung metrologi.

Menurut Sidik, pembangunan gedung tersebut bukannya tanpa alasan. Pembangunan gedung ini bertujuan sebagai upaya perlindungan pemerintah terhadap konsumen dari pelaku bisnis dan pedagang yang mengubah takaran timbangan demi keuntungan berlipat.
“Selain itu, lahannya sudah tersedia, tenaga ahli juga sudah tersedia. Jadi tinggal pembangunan gedungnya saja,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger