Headlines News :
Home » , » Diskanla Latih Tingkatkan Mutu Garam

Diskanla Latih Tingkatkan Mutu Garam

Penulis : Wawan Bromo FM
Selasa,19/07/2016
PROBOLINGGO – Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan peningkatan mutu garam di Hotel Tampiarto Probolinggo, Selasa dan Rabu (19-20/7/2016). Pelatihan ini merupakan kegiatan pengembangan usaha garam rakyat (Pugar) yang diberikan sebagai upaya pembinaan kemampuan dan ketrampilan kerja masyarakat.

Pelatihan ini diikuti oleh 38 orang petani garam dari Desa Sidopekso dan Desa Kebonagung Kecamatan Kraksaan serta Desa Randutatah Kecamatan Paiton. Selama pelatihan mereka mendapatkan materi dari PT Garam dan Diskanla Kabupaten Probolinggo.

Kepala Diskanla Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi mengungkapkan Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki garis panjang pantai sepanjang 72 km dengan 7 kecamatan pesisir.

“Pada umumnya sebagian besar aktivitas dan mata pencaharian masyarakat pesisir berhubungan erat dengan lingkungan sekitar dalam hal ini ekosistem pantai. Keterkaitan antara aktivitas manusia dengan ekosistem pantai inilah yang menjadi ciri spesifik masyarakat pesisir,” katanya.

Menurut Dedy, masyarakat pesisir sebagian besar adalah nelayan dan pembudidaya di tambak. Salah satu kegiatan masyarakat yang memanfaatkan tambak tersebut adalah kegiatan tambak garam.

“Kegiatan tambak garam dilakukan masyarakat di kala musim kemarau. Usaha ini dirasakan masyarakat petambak garam lebih menguntungkan apalagi musim kemarau dalam kondisi normal,” jelasnya.

Lebih lanjut Dedy menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan Pugar ini dimaksudkan untuk memberikan informasi teknologi terbaru dalam kegiatan pergaraman dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) petambak garam atau Kelompok Usaha Garam (Kugar) dalam pengolahan lahan garam.

“Dengan perubahan pemikiran dan perilaku masyarakat petambak garam untuk mandiri dan kreatif dalam mengembangkan usaha garam, maka dapat berdampak pada peningkatan produksi yang dihasilkan sehingga swasembada garam nasional dapat terwujud,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger