Headlines News :
Home » , » Baru 6 Koperasi Terima NIK dan Sertifikat

Baru 6 Koperasi Terima NIK dan Sertifikat


Penulis : Wawan Bromo FM
Senin, 18/07/2016

KRAKSAAN  Sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) Koperasi dan UMKM Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2015 tentang Kelembagaan, terhitung mulai 1 April 2016 pelayanan pengurusan badan hukum (izin) koperasi baru dilakukan secara online. Untuk layanan ini, Kemenkop dan UMKM sudah bekerja sama dengan notaris koperasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo Santiyono mengaku, sudah mendaftar sebanyak 500 koperasi untuk mendapatkan Nomor Induk Koperasi (NIK). Dari jumlah tersebut, baru 50 koperasi yang sudah melakukan verifikasi data dengan mengisi form yang disediakan Kemenkop dan UMKM RI.

“Alhamdulillah, sudah ada 6 koperasi yang sudah menerima sertifikat dan NIK. Sementara yang 50 koperasi masih dalam proses verifikasi. Soalnya masih ada kelengkapan data dari gerakan koperasi yang belum lengkap sehingga harus verifikasi ulang,” katanya.

Ke-6 koperasi yang sudah mendapatkan NIK dan sertifikat masing-masing, KSP Bangkit Karya Mandiri Kraksaan, KPRI Sejahtera Pajarakan, Koperasi Wanita (Kopwan) Dahlia Dringu, KPRI Prastiwi Dringu, Kopwan Raden Ajeng Kartini Tongas dan KPRI Sapta Tongas.

“Imbauan saya kepada koperasi, jemput bola dan datang ke kantor Dinas Koperasi dan UKM. Lakukan klarifikasi data apa saja yang masih dianggap kurang. Sehingga NIK dan sertifikat bisa secepatnya turun,” ujarnya.

Menurut Santiyono, NIK dan sertifikat ini berfungsi untuk memberikan kemudahan dan fasilitasi bantuan akses permodalan koperasi dari perbankan. Yang jelas, NIK tidak akan keluar manakala tidak diikuti oleh sertifikat.

“Dengan adanya NIK dan sertifikat ini saya mengharapkan koperasi benar-benar aktif dan mandiri sehingga dapat memberikan rasa aman dan kepercayaan kepada pihak luar, baik perbankan maupun penanam modal,” harapnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger