Headlines News :
Home » , , » Angka Pernikahan Dini Masih Tinggi

Angka Pernikahan Dini Masih Tinggi

Penulis : Wawan Bromo FM
Selasa, 12/07/2016

KRAKSAAN – Angka pernikahan dini (di bawah usia 16-20 tahun) di Kabupaten Probolinggo tergolong tinggi. Dari total 4.017 pernikahan yang tercatat hingga akhir Mei 2016 lalu, 1.811 pernikahan di antaranya (45,08%) masuk kategori pernikahan dini.

Untuk menurunkan angka pernikahan dini ini, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Probolinggo sudah gencar melakukan sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) kepada masyarakat.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Kelembagaan Masyarakat pada BPPKB Kabupaten Probolinggo Herman Hidayat mengatakan, dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan disebutkan, batas usia minimal saat menikah untuk perempuan 16 tahun dan laki-laki 19 tahun.

“Tetapi kalau dikaitkan dengan kematangan mental pasangan, sebenarnya belum siap memasuki bahtera rumah tangga. Karena dampak dari itu sangat banyak di antaranya perceraian nikah muda,” ungkapnya.

Menurut Herman, pernikahan dini ini akan menyebabkan kelahiran pada usia remaja juga meningkat sehingga mengakibatkan Total Fertility Rate (TFR) meningkat. “Karena usianya masih belum matang, maka pernikahan dini biasanya identik dengan mudah cerai,” ujarnya.

Herman menerangkan, pernikahan dini tertinggi terdapat di Kecamatan Krucil, dari total 245 pernikahan, 152 pernikahan (62%) masuk kategori pernikahan dini. Disusul di Kecamatan Tiris., dari total 358 pernikahan, 177 pernikahan (49%) masuk kategori pernikahan dini.

“Menyelesaikan masalah ini tidak mudah. Sebab nikah dini disebabkan berbagai hal mulai, dari kemiskinan, pendidikan orang tua dan budaya atau kultur masyarakat. Karena masih ada anggapan masyarakat yang tidak segera menikahkan anaknya maka tidak akan laku,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger