Headlines News :
Home » » 17 CJH Kabupaten Probolinggo Berisiko Tinggi

17 CJH Kabupaten Probolinggo Berisiko Tinggi

Penulis : Dimaz Bromo FM
Kamis. 28/07/2016



GENDING - Pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 2016 ini, Kabupaten Probolinggo akan memberangkatkan 773 calon jamaah haji (calhaj). Dari data jamaah itu, 17 calhaj diantaranya masuk kategori resiko tinggi (resti). Meliputi penderita hipertensi, penyakit jantung, sakit kronis dan menular serta usia diatas 55 tahun.

“Ada sebagian yang masuk kriteria resiko tinggi. Kami sudah mengambil langkah antisipasi termasuk menyiagakan petugas,” kata Kasi Pelayanan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo Mukhlason, disela-sela acara manasik haji di Wisata Miniatur Ka’bah Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Kamis (28/7/2016).

Namun, jumlah itu bisa bertambah atau berkurang, karena Kemenag sendiri belum menerima salinan catatan medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo secara resmi RSUD Waluyojati Kraksaan dan RSUD Tongas. “Data itu merupakan data awal, masih bisa berkurang atau bertambah. Masih direkap oleh Dinas Kesehatan,” ujarnya.

Rencananya, calon jamaah haji asal Kabupaten Probolinggo diberangkatkan ke tanah suci tanggal 3-4 September mendatang dari embarkasi Juanda Surabaya. Mereka tergabung dalam kelompok terbang (kloter) SUB 63-64. 

Sebelum dikirim ke Mekkah, jamaah terlebih dulu menjalani rangkaian bimbingan manasik. Untuk kegiatan manasik kecamatan diadakan mulai pertengahan Juli lalu, sedangkan tingkat Kabupaten Probolinggo dilakukan pada hari ini. Puncaknya ada tasyakuran haji di Pendopo Kabupaten Probolinggo, seminggu pemberangkatan.

Dia menerangkan, pelaksanaan manasik ini merupakan kewajiban Kemenag sebagaimana ketentuan UU Nomor 13 Tahun 2008. Selain manasik, jamaah berhak memperoleh pelayanan lain berupa akomodasi, konsumsi, transportasi, kesehatan, penggunaan paspor haji dan pemondokan. (maz/ast)

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger