Headlines News :
Home » » TTI Sediakan Beras Premium Rp 7.500 Per Kilogram

TTI Sediakan Beras Premium Rp 7.500 Per Kilogram

Penulis : Wawan Bromo FM
Jum'at, 10/06/2016


TONGAS - Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian (BKP4) Kabupaten Probolinggo melaunching (rilis) kegiatan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) melalui Toko Tani Indonesia (TTI) Sumber Jaya di Pasar Bayeman Kecamatan Tongas.

Kegiatan peluncuran TTI Sumber Jaya oleh Kepala Bidang Ketahanan Pangan BKP4 Kabupaten Probolinggo Joko Suprijanto ini dilakukan dalam rangka mendukung program swasembada pangan nasional dari sektor komoditas beras. TTI Sumber Jaya ini mendapatkan suplay beras dari Gapoktan Adil Makmur.

Joko Suprijanto mengungkapkan tahun ini ada 3 (tiga) Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia sebesar Rp 600 juta. Yakni, Gapoktan Sido Rukun Desa Alas Tengah Kecamatan Paiton, Gapoktan Kurnia Tani Desa Jabung Wetan Kecamatan Paiton dan Gapoktan Adil Makmur Desa Tongas Kulon Kecamatan Tongas.

“Dana ini digunakan Gapoktan untuk membeli gabah dari petani dan digiling menjadi beras. Selanjutnya beras premium ini dijual kepada TTI seharga Rp 7.300 per kilogram. Kemudian TTI menjual kepada masyarakat seharga Rp 7.500 per kilogram. Beras ini sudah dikemas 5 kilogram,” katanya.

Menurut Joko, kegiatan PUPM melalui TTI ini merupakan upaya pemerintah mengurangi beban masyarakat menengah ke bawah untuk mendapat beras yang layak untuk dikonsumsi dengan harga terjangkau.

“Program ini bertujuan untuk stabilitas harga sehingga membantu masyarakat memperoleh beras premium dengan harga standart dari pemerintah. Harapannya TTI dapat menjadi jembatan untuk memasarkan pangan kepada masyarakat dengan harga terjangkau namun berkualitas,” tegasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger