Headlines News :
Home » » Sapi Madura Mulai Serbu Probolinggo

Sapi Madura Mulai Serbu Probolinggo

Penulis : Dimaz Bromo FM
Jum'at, 10/06/2016


KRAKSAAN - Menjelang lebaran, jumlah pengiriman sapi potong dari pulau Madura ke pulau Jawa meningkat drastis. Peningkatan ini mencapai hingga 40 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Pengiriman meningkat seiring tingginya permintaan sapi yang akan dipotong saat lebaran nanti.

Tingginya lalu lintas pengiriman sapi potong dari pulau Madura ke pulau Jawa terlihat dari intensitas bongkar muat hewan di pelabuhan Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo.

Sebelum Ramadhan, bongkar muat sapi potong hanya terjadi dua kali dalam sepekan menggunakan dua kapal motor saja. Namun memasuki pekan pertama puasa, proses bongkar muat sapi potong meningkat empat kali sepekan menggunakan empat kapal motor.

Selama ini, sapi potong merah asal Madura biasa diangkut ke pulau Jawa khususnya Jawa Timur guna memenuhi tingginya permintaan daging di pasaran. Sapi Madura dengan postur lebih kecil dan harga lebih murah dibanding sapi Jawa pada umumnya, lebih dipilih warga dalam memenuhi kebutuhan lauk daging.

Pelabuhan Desa Kalibuntu menjadi salah satu transit pengiriman sapi potong Madura, selain pelabuhan Jangkar Situbondo dan Jembatan Suramadu. Tiba di pelabuhan, sapi potong langsung dikarantina sebelum dijual ke pasar hewan. Mayoritas sapi yang diperjual belikan adalah sapi jantan berusia 2 sampai 4 tahun.

Salah satu pedagang Harianto menuturkan,  sejak sepekan jelang Ramadhan sampai Jumat (10/6/2016), pria asal Pamekasan ini telah mengirim sekitar 200 sapi potong  dalam enam kali angkutan laut. Tingginya permintaan dimanfaatkan pedagang untuk menaikkan harga jual sapi potong Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000 per ekor.

“Harganya naik.  Ya pedagang pun mendapatkan keuntungan berlipat dibandingkan bulan sebelumnya,” ujar Harianto, pedagang sapi potong Madura

Tingginya permintaan sapi potong dari pulau Madura ke pulau Jawa juga terlihat dari data Balai  Besar Karantina Pertanian Surabaya Wilayah Kerja Kalibuntu. Dari tanggal 1 sampai 31 April tercatat sebanyak 750 ekor, sedangkan pada  tanggal 1 hingga 30 Mei mecapai 950 ekor. Sepekan sebelum lebaran diperkirakan 1.000 ekor sapi lebih akan tiba di pelabuhan Kalibuntu. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger