Headlines News :
Home » , » Razia, Temukan Makanan Kadaluarsa dan Berkapang

Razia, Temukan Makanan Kadaluarsa dan Berkapang

Penulis : Dimaz Bromo FM
Selasa, 7/06/2016

KRAKSAAN – Untuk mengantisipasi beredarnya makanan minuman (mamin) bermasalasah, sejumlah toko modern di Kota Kraksaan Kabupaten Probolinggo dirazia, Selasa (7/6/2016). Razia dilakukan oleh tim gabungan meliputi Dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag), Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Polres Probolinggo.

Hasilnya, ditemukan beberapa mie instan berkapang, saus kadaluarsa, obat batuk kadaluarsa dan susu kaleng dengan kemasan rusak. Kendati tidak kadaluarsa, kemasan kaleng yang penyok juga berpotensi merugikan konsumen.  Barang tersebut  ditemukan di toko SRJ, Jalan Raya Panglima Sudirman Kota Kraksaan.

Selanjutnya, makanan tidak layak konsumsi itu disita oleh Polres Probolinggo untuk penindakan sesuai proses hukum. Sementara pemeriksaan di Diva Swalayan dan Soponyono, petugas tidak menemukan mamin kadaluarsa atau rusak.

Kabid Perdagangan Disperindag Kabupaten Probolinggo Deny Kartika Sari mengatakan, pihaknya hanya sebagai pengawas. Terkait peredaran mamin rusak atau kadaluarsa, pihaknya tidak bisa melakukan penindakan.

Karenanya, dalam sidak mamin ini pihaknya menggandeng instansi terkait. “Kami hanya mengimbau kepada para penjual agar tidak menjual barang yang tidak layak dikonsumsi oleh masyarakat,” katanya.

Sementara Wakapolres Probolinggo Kompol Sujiono mengatakan, memasuki bulan suci Ramadhan ini pihaknya akan meningkatkan kegiatan kepolisian salah satunya menggelar razia mamin. Operasi ini berdasarkan pada Undang-undang (UU) Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, UU Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan serta UU Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan.

“Selama bulan suci Ramadhan ini, tim dari Polres Probolinggo akan terus melakukan operasi. Meningkatnya kebutuhan pangan masyarakat juga harus diperhatikan segi keamanannya,” ujarnya. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger