Headlines News :
Home » » Ratusan Senpi Personil Polres Probolinggo Diperiksa

Ratusan Senpi Personil Polres Probolinggo Diperiksa

Penulis : Dimaz Bromo FM
Selasa, 21/06/2016 


PAJARAKAN - Mendekati momentum lebaran, Polres Probolinggo memeriksa senjata api (senpi) milik anggota. Tujuannya, sebagai antisipasi segala bentuk tindak kriminal, menjelang, selama hingga selesai perayaan hari besar umat muslim ini.

Sekitar 300 senpi milik anggota diperiksa, mulai dari jajaran Polsek hingga Polres. Khusus Senin (20/6/2016), baru 64 senpi yang diperiksa. Hasilnya, empat senpi diamankan.

Wakapolres Probolinggo Kompol Sujiono mengatakan, pihaknya sengaja melakukan pengawasan dan pemeriksaan senjata api anggota, Senin (20/6/2016) usai apel pagi. “Kami kerahkan Kabag Sumda Kompol Imam Rofik bersama Propam Polres Probolinggo untuk memeriksa satu per satu senjata api apakah sudah sesuai kelayakan dan kebersihannya. Tak hanya itu, masa berlaku surat ijin membawa senjata juga diperiksa apakah masih aktif atau sudah mati,” katanya.

Pemeriksaan senpi kata Sujiono, rutin digelar dengan maksud untuk mengetahui sejauh mana inventaris atau senjata api itu dijaga dengan baik. Menurutnya, pemeriksaan juga ditujukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata api serta amunisinya oleh anggota Polri khususnya anggota Polres Probolinggo.

“Personel yang berhak memegang senjata api hanya yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan,” jelasnya.

Terkait empat senpi yang diamankan, Sujiono menyebut hanya kurang syarat administrasi saja. Durasinya, setahun sekali harus diperbarui. “Kalau dari psikis, empat anggota yang senpinya ditahan tidak ada masalah. Karena telah lulus tes psikologi,” ujarnya.

Selanjutnya, pemeriksaan senpi dilanjutkan, Selasa (21/6/2016) hingga total 300 senpi. Pemeriksaan ini, hanya untuk senpi laras pendek yang merupakan merupakan inventaris Polres. Senpi ini dibawa anggota dengan sistem pinjam pakai. Bukan laras panjang dengan sistem serah terima atau selama tugas.

Kasi Propam Iptu Habi Sutoko mengatakan, hal ini sangat penting guna menunjang peningkatan patroli. Seperti, pengamanan perbankan dan toko emas. Juga patroli jam rawan kriminal jalanan, tindak kriminal saat ibadah serta jam sepi saat mudik. “Karena musim perayaan seperti ini kriminal cenderung naik. Makanya anggota harus sigap,” pungkasnya. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger