Headlines News :
Home » » Ramadhan, Banyak Warga Berzakat-Infaq

Ramadhan, Banyak Warga Berzakat-Infaq

Penulis Wawan Bromo FM
Rabu, 15/06/2016 



KRAKSAAN - Bulan suci Ramadan adalah momentum bagi kaum muslimin untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Tidak lepas pula membayar zakat dan infaq, baik langsung maupun melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Bahkan Baznas Kabupaten Probolinggo pun mencatat adanya kenaikan signifikan pembayaran zakat dan infaq.

Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Achmad Muzammil mengatakan, momentum bulan puasa ini memang banyak pihak yang tergerak untuk membayar zakat dan infaq. Menurut catatannya, pembayar zakat mal dari perorangan akan membludak pada 20-25 Juni mendatang. “Biasanya yang langganan membayar zakat mal mencapai 55 orang per bulan. Dalam bulan puasa ini bisa sampai 100 orang lebih,” katanya, Rabu (15/6/2016).

Menurutnya, zakat mal sifatnya wajib bagi perorangan yang penghasilannya setara emas 85 gram atau lebih. “Harga pasaran emas kemarin Rp 400 ribu per gram. Jadi kalau setara 85 gram maka yang penghasilannya Rp 34 juta setahun wajib berzakat. Atau kalau dibagi 12 bulan, yang berpenghasilan 2,8 juta per bulan atau lebih sudah wajib. Jumlah zakat yang dikeluarkan cukup 2,5 persen dalam setahun,” jelasnya.

Sementara, ada juga yang sifatnya sunnah yakni infaq. Hanya beberapa orang yang rutin berinfaq melalui Baznas. “Selebihnya, yang berinfaq rutin hanya SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkup Sekretariat Daerah Pemkab Probolinggo. Kami berharap jumlah perorangan yang sadar dan sukarela berinfaq bisa meningkat,” tegasnya.

Sementara untuk penyalurannya, Muzammil mengatakan, Baznas sudah bekerja sama dengan Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Probolinggo dan organisasi di bawahnya seperti PC Muslimat NU. “Ini ada penyaluran senilai Rp 260 juta berbentuk sembako yang isinya per kantong plastik senilai Rp 150 ribu. Data fakir miskin kami bekerja sama dengan PCNU dan Muslimat,” pungkasnya. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger