Headlines News :
Home » » Polda Bali Datangi Kelurahan Patokan

Polda Bali Datangi Kelurahan Patokan

Penulis : Dimaz Bromo FM
Minggu, 26/06/2016


KRAKSAAN - Sejumlah personel Tim Buser Polda Bali tiba-tiba mendatangi Kantor Kelurahan Patokan Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Kedatangan para petugas berpakaian preman itu untuk mencari berkas kependudukan salah satu warga setempat, yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO/buron) Polda Bali.

Buron Polda Bali yang terkait kasus penipuan dan pemalsuan mengaku sebagai Azis Husein. Informasi menyebutkan, Azis Husein gadungan diketahui beralamat di RT 03/RW 03, Kelurahan Patokan.

Ia dilaporkan oleh pemilik tanah asal Kabupaten Malang yang memiliki nama asli Azis Husein. Diduga, warga Kelurahan Patokan itu menjual tanah milik warga Malang tanpa sepengetahuan pemilik yang sah.

“Bagaimana mungkin seseorang tanpa surat pindah atau surat keterangan lainnya, dapat semudah itu mengurus KTP di kelurahan, pasti ada yang tidak beres,” ujar Taufik, salah seorang rekan dari Azis Husein, Minggu (26/6/2016).

Taufik menjelaskan, kronologis pelaporan Azis asli terhadap Azis gadungan terkait penipuan atas perkara jual beli sebidang tanah seluas 1.060 meter persegi di Grobogan, Denpasar, Bali.

Bermula ketika I Made Gelar, warga setempat menjual tanahnya seluas 1.060 meter persegi seharga Rp 5 juta kepada Azis Husein warga Malang pada tahun 1976 lalu dengan notaris bernama Syarifuddin.

Untuk memuluskan pengurusan tanahnya tersebut, I Made Gelar kemudian menawarkan bantuan pada Azis Husein untuk mengurusi surat ikatan jual beli serta surat kuasa tanah yang sedianya akan diserahkan pada Azis Husein.

Sebelum meninggal dua tahun silam, I Made Gelar sempat mencari Azis Husein di tempat tinggalnya di Bali. Namun, tidak ditemukan karena diduga Azis Husein telah kembali ke Malang.

Putus asa karena tak kunjung menemukan Azis Husein, I Made Gelar menjual tanahnya tersebut kepada seseorang bernama Zaenal Tayib. Dan oleh Zaenal Tayib tanah dijual kembali kepada Cahyo Gunadi.

Terakhir Cahyo Gunadi menjaminkan tanah itu untuk mendapatkan pinjaman dari bank. Karena tak mampu melunasinya, akhirnya tanah tersebut diambil alih oleh bank.

Dalam kasus tersebut, Taufik atas nama pelapor (Azis Husein asli) mempertanyakan, bagaimana bisa KTP atas nama kliennya bisa keluar dan dibuatkan oleh pemerintah Kelurahan Patokan dan Kecamatan Kraksaan. Padahal Azis Husein gadungan itu berasal dari Jakarta dan datang ke tempat tersebut tanpa surat pindah dan bisa punya KTP begitu cepat.

“Hal ini sangat merugikan pihak kami, karena nama klien kami dicatut dan tanda tangannya juga dipalsu untuk dapat menjual kembali tanah tersebut seharga Rp 89 miliar kepada pihak ketiga, padahal klien kami tidak pernah merasa menjual tanah itu pada siapapun,” ujarnya.

Taufik juga mengungkapkan, dalam proses pengurusan KTP atas nama Azis Husein tersebut, ada kejanggalan yakni peran Saleh, salah satu tersangka penjualan lahan tanah makam di Desa Asembakor beberapa bulan lalu. “Penggeledahan arsip sendiri dilakukan, Rabu (23/6/2016) lalu, oleh Tim Buser Polda Bali dan warga sipil,” ujar Taufik.

Sementara Ketua RW 03 Kelurahan Patokan, Edi saat dihubungi membenarkan adanya pencarian informasi terkait seseorang yang bernama Azis Husein yang sesuai KTP-nya beralamat di RT 03. Namun, Edi mengaku tak hapal satu per satu warganya terutama yang bernama Azis Husein.

“Memang benar ada polisi dari Bali, yang sempat datang dan mencari surat keterangan pindah dari seseorang yang bernama Azis Husein itu di kantor kelurahan,” terangnya.

Edi tidak menampik jika kesalahan pengurusan KTP masih saja terjadi. Terlebih pada saat itu sistem pengurusan KTP masih secara manual dan belum terkomputerisasi seperti saat ini. ”Waktu itu kan masih manual jadi peluang kesalahan masih ada,” ujarnya. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger