Headlines News :
Home » » Perbaiki Saluran Irigasi Tersier

Perbaiki Saluran Irigasi Tersier

Penulis : Wawan Bromo FM
Minggu, 12/06/2016


KRAKSAAN – Ketersediaan air yang cukup memegang peranan penting dalam peningkatan produksi padi. Salah satu upayanya adalah memperbaiki sistem saluran irigasi agar hasil produksi pertanian meningkat.

Tahun 2015 lalu, Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Probolinggo melakukan perbaikan saluran irigasi tersier di 200 lokasi. “Perbaikan saluran irigasi ini bertujuan untuk normalisasi saluran yang ada di tengah sawah sehingga mengurangi kehilangan air akibat saluran yang rusak,” kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dispertan Kabupaten Probolinggo Bambang Suprayitno.

Dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2015, Dispertan juga mengembangkan irigasi air tanah sebanyak 30 unit yang tersebar di 13 kecamatan. Sementara tahun 2014 sebanyak 3 unit.

“Jadi kelompok tani mendapatkan bantuan berupa pembuatan sumur, pompa dan rumah pompa dalam rangka untuk mengatasi kekurangan air pada musim kemarau,” jelasnya.

Dispertan juga melakukan pengembangan air permukaan dengan memberikan bantuan 6 unit berupa pompa, rumah pompa dan dam di 6 kelompok.  “Di samping juga sumurisasi di 30 lokasi yang bertujuan untuk menyediakan air pertanian di areal sawah petani sehingga kegagalan panen bisa ditekan,” terangnya.

Upaya lain adalah dengan melakukan kegiatan pompanisasi di 51 lokasi. Rinciannya, tahun 2014 memberikan bantuan pompa sebanyak 17 unit di 11 kecamatan dan tahun 2015 sebanyak 34 unit di 15 kecamatan.

“Pompanisasi untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim serta menjaga agar tanaman tidak kekurangan air. Di mana kelompok tani diberi bantuan pompa baik yang kecil maupun besar sehingga sewaktu-waktu petani butuh air tinggal memompanya,” pungkasnya. (wan/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger