Headlines News :
Home » » Perbaikan Jembatan Randumerak Dikebut

Perbaikan Jembatan Randumerak Dikebut

Reporter : Dimaz Bromo FM
Senin, 13/06/2016


PAITON - Mengantisipasi kemacetan saat musim mudik lebaran tahun 2016, beberapa jembatan penyebab kemacetan di jalur pantura mulai diperbaiki. Salah satunya jembatan Randumerak di Kecamatan Paiton. Proses perbaikan dikebut, bahkan jalur dialihkan satu arah guna mempercepat pengerjaan.

Perbaikan jembatan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jatim, karena badan jembatan sepanjang 6 meter disisi selatan mulai rusak. Dimana aspal jalan retak, berlubang dan bergelombang. Badan jembatan dengan diameter 8 X 5 meter digali dan dibeton ulang.

“Ini memperbaiki badan jembatan yang keropos dan berlubang. Kemudian kami ganti dengan yang baru, nantinya akan dibeton dan diaspal ulang,” ujar salah satu pekerja perbaikan jembatan Randumerak Dedi, Senin (13/6/2016).

Perbaikan telah dilakukan sejak awal Ramadhan melibatkan belasan pekerja. Perbaikan jembatan diperlukan untuk mengurai kemacetan lalu lintas jalur Jawa-Bali. Pasalnya jalur ini merupakan akses darat utama di pulau Jawa dengan volume kendaraan sekitar 30.000 unit per hari.

Pada musim mudik nanti, diperkirakan jumlah pengguna jalan akan meningkat hingga 60 persen. Ditargetkan, proses perbaikan yang membentangi sungai Pancarglagas rampung 10 hari sebelum lebaran.

“Paling akhir perbaikan ini kami targetkan sebelum H-10 lebaran. Tujuannya agar arus mudik dan arus balik lancar, karena ini merupakan akses mudik jalur pantura utamanya yang dari puau dewata Bali,” ujar Ari Subadra, pejabat yang bertanggung jawab terhadap jembatan Probolinggo-Banyuwangi.

Guna mempercepat proses perbaikan, jalur lalu lintas dialihkan satu arah disisi utara jembatan. Tidak seperti disisi selatan, sisi utara jembatan randumerak lebih lebar dan kokoh, karena baru dikontruksi ulang pada pertengahan tahun 2015 lalu.

Hingga Senin pagi, proses perbaikan terus dikebut. Meski tidak menimbulkan kemacetan, namun volume kendaraan cenderung lebih padat saat mendekati jembatan. (maz/ast)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BromoTelecenter
Copyright © 2011. Bromo FM 92,3 MHz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger